Program pembangunan di Kalteng harus selaras dan saling mendukung

id DPRD Kalimantan Tengah, Sugiyarto, DPRD kalteng, kalteng, Kalimantan Tengah

Program pembangunan di Kalteng harus selaras dan saling mendukung

Anggota DPRD Kalimantan Tengah Sugiyarto. ANTARA/Jaya WM

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Sugiyarto mengingatkan sekaligus meminta program yang disusun dan akan dilaksanakan pemerintah provinsi serta kabupaten/kota di daerah ini, harus selaras serta saling mendukung agar hasilnya lebih maksimal.

Koordinasi dan komunikasi yang intens antar pemerintah daerah menjadi kunci penting dalam menyelaraskan program pembangunan tersebut, kata Sugiyarto di Palangka Raya, kemarin.

"Termasuk memastikan program pembangunan yang telah disusun dan dijalankan pun bisa saling mendukung, bukan saling bertentangan," tambahnya.

Mantan Wakil Bupati Lamandau ini juga meyakini dampak positif dari pembangunan yang dilakukan akan semakin terasa, sehingga wilayah Kalteng dapat berkembang dan maju dalam semua aspek kehidupan, menciptakan daerah serta masyarakat yang sejahtera.

Anggota Komisi IV membidangi pembangunan di DPRD Kalteng itu mengatakan, program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah pusat pun perlu juga diselaraskan oleh pemda di provinsi ini. Dengan begitu, manfaat pembangunan tidak hanya dirasakan oleh daerah tertentu, melainkan dampaknya dapat dirasakan secara nasional.

"Jika program pemerintah dari tingkat pusat hingga daerah tidak selaras dan saling bertentangan, justru akan membuat hasil pembangunannya kurang maksimal dan tidak terlalu dirasakan oleh masyarakat," kata Sugiyarto.

Baca juga: Legislator Kalteng minta pemda bantu kenalkan IBILAGA ke masyarakat

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan III meliputi Kabupaten Kotawaringin Barat, Lamandau dan Sukamara itu juga menyoroti perlunya pembangunan merata dan tepat sasaran, khususnya untuk daerah-daerah yang masih tertinggal di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila ini.

Dia mengatakan bahwa menjadi tantangan namun juga kesempatan besar ketika berhasil melakukan pembangunan lebih baik dan merata di semua wilayah. Hanya terlebih dahulu tentunya melengkapi struktur yang ada, agar pembangunan secara merata dapat terwujud.

"Jadi, kami berharap dengan adanya sinergi dan kolaborasi yang baik, diharapkan semua program pembangunan di Kalteng dapat berjalan dengan baik untuk mencapai hasil maksimal," demikian Sugiyarto.

Baca juga: DPRD Kalteng minta pemda tetap konsisten maksimalkan penanganan stunting

Baca juga: Masyarakat Kalteng perlu diedukasi kelola keuangan dan menghemat pengeluaran

Baca juga: Legislator Kalteng ingatkan pemda siapkan langkah strategis tangani banjir