DPRD Kalteng minta pemda tetap konsisten maksimalkan penanganan stunting

id Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalimantan Tengah, Siswandi, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD kalteng, kalteng, Kalimantan Tengah

DPRD Kalteng minta pemda tetap konsisten maksimalkan penanganan stunting

Anggota DPRD Kalteng Siswandi. (ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi III membidangi pendidikan dan kesehatan di DPRD Kalimantan Tengah Siswandi, mengingatkan sekaligus meminta kepada pemerintah provinsi maupun kabupaten-kota, agar tetap konsisten dalam memaksimalkan penanganan stunting.

Konsistensi sangat penting karena keseriusan dan upaya pemda dalam menangani stunting di provinsi ini sudah cukup bagus serta menunjukkan hasil, kata Siswandi di Palangka Raya, kemarin.

"Sekalipun ada beberapa aspek yang masih perlu diperhatikan, terutama di wilayah pedesaan. Tetapi itu akan teratasi jika tetap konsisten memaksimalkan penanganan stunting," ucapnya.

Dirinya pun menyarankan kepada pemda di Kalteng, agar memberikan perhatian lebih pada penyediaan air bersih, peningkatan sarana fasilitas kesehatan, dan penempatan petugas kesehatan yang memahami cara mencegah stunting secara merata ke seluruh perdesaan di provinsi ini.

Siswandi mengatakan pemenuhan kebutuhan masyarakat di sektor kesehatan menjadi kunci sukses penanganan masalah kesehatan masyarakat, terutama stunting. Hal itu pula yang menjadi sorotan dan perhatian serius dari Komisi III DPRD Kalteng selaku membidangi kesehatan.

"Kami berharap upaya pemerintah menjalankan program dan memenuhi layanan kesehatan di pelosok terus dilakukan, agar ke depan kasus stunting dapat ditekan. Anak-anak Kalteng semuanya pun tumbuh sehat serta menjadi generasi penerus yang berkualitas," kata dia.

Baca juga: Masyarakat Kalteng perlu diedukasi kelola keuangan dan menghemat pengeluaran

Legislator Kalteng ini juga berharap dengan upaya maksimal dari pemerintah dan pemangku kepentingan terkait, persoalan stunting di Bumi Tambun Bungai dapat diatasi dengan baik, sehingga anak-anak di provinsi ini dapat tumbuh dan berkembang secara normal, serta memberikan kontribusi positif bagi daerah dan bangsa.

"Kami di Komisi III DPRD Kalteng akan terus memberikan dukungan kepada pemda dalam memaksimalkan upaya penanganan dan pencegahan stunting," demikian Siswandi.

Baca juga: Legislator Kalteng ingatkan pemda siapkan langkah strategis tangani banjir

Baca juga: DPRD Kalteng: Pastikan program pembangunan dilaksanakan secara transparan

Baca juga: Legislator Kalteng minta program reboisasi hutan lebih digencarkan