Legislator Kalteng ingatkan pemda siapkan langkah strategis tangani banjir

id DPRD Kalimantan Tengah, Sirajul Rahman, DPRD kalteng, kalteng, Kalimantan Tengah

Legislator Kalteng ingatkan pemda siapkan langkah strategis tangani banjir

Anggota DPRD Kalimantan Tengah Sirajul Rahman. ANTARA/HO-Dokumentasi Sirajul.

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Sirajul Rahman mengingatkan sekaligus meminta kepada pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, agar mempersiapkan berbagai langkah strategis dalam menanggulangi bencana banjir.

Permintaan itu karena intensitas hujan beberapa hari terakhir ini sangat tinggi dan terjadi hampir diseluruh kabupaten/kota se-Kalteng, kata Sirajul Rahman di Palangka Raya, kemarin.

"Informasi yang kami terima pun, sudah ada beberapa wilayah yang tergenang air dan mengalami kebanjiran. Jadi, harus sudah disiapkan langkah strategis tangani banjir," ucapnya.

Secara khusus wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan IV meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya ini, meminta perhatian serius terhadap wilayah daerah aliran sungai (DAS) Barito. Sebab, sejumlah desa di DAS Barito sekarang ini telah mengalami banjir.

Sirajul mengatakan bahwa dampak banjir telah mengganggu kehidupan sehari-hari masyarakat, bahkan membuat kesulitan untuk bekerja seperti biasa. Oleh karena itu, bantuan seperti air bersih, sembako, dan kebutuhan dasar lainnya sangat diperlukan.

Baca juga: DPRD Kalteng telah bahas belasan raperda selama persidangan III tahun 2023

"Penting bagi pemerintah memperhatikan dan menyalurkan bantuan sesuai kebutuhan masyarakat terdampak. Selain itu, pemda juga perlu menerjunkan petugas kesehatan ke lokasi banjir," kata dia.

Anggota DPRD Kalteng itu mengatakan bahwa kekhawatiran dalam kondisi banjir, masyarakat rentan terkena penyakit. Oleh karena itu, pemeriksaan kesehatan dan penanganan penyakit menjadi hal yang diperlukan.

"Kita berharap banjir di sejumlah wilayah DAS Barito segera surut agar masyarakat dapat kembali beraktivitas seperti biasa. Pemda diharapkan memberikan perhatian yang tepat kepada masyarakat yang terdampak saat ini," demikian Sirajul Rahman.

Baca juga: Legislator Kalteng usul pemda sediakan mobil operasional untuk damang

Baca juga: DPRD Kalteng dan damang bahas revisi Perda Kelembagaan Adat Dayak

Baca juga: Legislator Kalteng minta pemerintah lakukan pengerukan sungai di DAS Barito