Legislator Kalteng minta pemda bantu kenalkan IBILAGA ke masyarakat

id DPRD Kalimantan Tengah, Ina Prayawati, DPRD kalteng, kalteng, Kalimantan Tengah, IBILAGA, ibilaga kalteng

Legislator Kalteng minta pemda bantu kenalkan IBILAGA ke masyarakat

Pimpinan dan Anggota Komisi II DPRD Kalimantan Tengah saat berkunjung ke IBILAGA di Pulang Pisau, baru-baru ini. ANTARA/Dokumentasi Sekretariat DPRD Kalteng.

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Ina Prayawati menilai keberadaan Instalasi Budidaya Ikan Lahan Gambut (IBILAGA) di Desa Garung, Kabupaten Pulang Pisau, sangat penting dalam membantu perkembangan budidaya ikan di provinsi ini.

"Apalagi IBILAGA menjadi pusat pembibitan ikan lokal Kalteng seperti Papuyu, Nila dan Patin. Jadi memang potensi IBILAGA ini sangat bagus dan menjanjikan," kata Ina di Palangka Raya, kemarin.

Permasalahannya, lanjut anggota Komisi II DPRD Kalteng ini, IBILAGA belum terlalu diketahui atau dikenal oleh masyarakat, khususnya pembudidaya ikan di provinsi ini. Alhasil, bibit yang dihasilkan oleh IBILAGA masih kurang dimanfaatkan atau dibeli oleh masyarakat di provinsi ini.

"Kami dari Komisi II DPRD Kalteng baru-baru ini ada berkunjung ke IBILAGA. Keluhan pihak pengelola, hasil pembibitan mereka kurang dibeli oleh masyarakat Kalteng. Padahal bibit ikan IBILAGA berkualitas dan harga murah," beber dia.

Politisi PDI Perjuangan ini pun mendorong sekaligus meminta kepada pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, memanfaatkan sekaligus memperkenalkan IBILAGA kepada masyarakat, khususnya pembudidaya ikan. Pemda juga perlu terlibat aktif dalam mempromosikan bibit ikan Papuyu, Nila dan Patin kepada masyarakat di provinsi ini.

Baca juga: DPRD Kalteng minta pemda tetap konsisten maksimalkan penanganan stunting

Dia mengatakan, apabila pemda ingin mengadakan bibit ikan untuk membantu para pembudidaya ikan di provinsi ini, bisa bekerjasama dengan IBILAGA. Dengan begitu, kualitas bibit ikan dari IBILAGA dapat diketahui oleh para pembudidaya dan mau membeli ke sana.

"Kepada pemda dan masyarakat, jika membutuhkan bibit ikan, silakan datang ke IBILAGA di Desa Garung, Pulang Pisau. Mereka menjual bibit dengan harga yang terjangkau," demikian Ina.

IBILAGA merupakan aset pemerintah pusat dan merupakan unit cabang Mandiangin yang dikembangkan di Kabupaten Pulang Pisau. Keberadaan IBILAGA ini sebagai upaya mendukung berkembangnya sektor perikanan di Kalteng.

Baca juga: Masyarakat Kalteng perlu diedukasi kelola keuangan dan menghemat pengeluaran

Baca juga: Legislator Kalteng ingatkan pemda siapkan langkah strategis tangani banjir

Baca juga: DPRD Kalteng: Pastikan program pembangunan dilaksanakan secara transparan