KPU Bartim jadwalkan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara selama dua hari

id Komisi Pemilihan Umum Barito Timur, KPU Barito Timur, bartim, Barito Timur, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, kalteng

KPU Bartim jadwalkan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara selama dua hari

Petugas PPK Kecamatan Raren Batuah menyampaikan hasil penghitungan di GPU Mantawara di Tamiang Layang, Selasa (27/2/2024). ANTARA/Habibullah.

Tamiang Layang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten.

"Kami menjadwalkan dari hari ini hingga Rabu (28/2)," kata Ketua KPU Barito Timur, Satya Hedipuspita di Tamiang Layang, Selasa.

Menurutnya, dalam rekapitulasi yang dilaksanakan yakni melakukan penjumlahan dari tingkat kecamatan dan memperbaiki jika ada yang tidak sesuai dengan fakta di lapangan.

Tambahnya, dalam rekapitulasi di tingkat PPS hingga PPK, telah banyak memakan waktu hingga banyak menguras energi. Karena itu, dalam pelaksanaan kegiatan rekapitulasi ini dilakukan pembatasan waktu hingga pukul 21.00 WIB atau tidak sampai larut malam.

Dijelaskan Satya, rekapitulasi sesuai ketentuan waktu yang ditetapkan setiap harinya. Jika nanti, tambahnya, telah sampai dengan saatnya pleno ditutup sementara maka semua berkas - berkas rekapitulasi akan dibawa dan disimpan di gudang logistik KPU Bartim.

"Besok akan dilanjutkan lagi di GPU Mantawara, sedangkan berkas administrasi maupun hasil pleno selanjutnya akan kembali dibawa dengan pengawalan aparat kepolisian setempat," ucapnya.

Satya mengharapkan rekapitulasi tingkat Kabupaten Barito Timur bisa terlaksana dengan tertib dan lancar, serta selesai dilaksanakan dengan tepat waktu. Selanjutnya akan dilaksanakan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Hasil Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten Barito Timur. Hal ini termasuk penetapan hasil suara pemilu legislatif atau DPRD Kabupaten Barito Timur.

Baca juga: KPU Bartim pastikan coklit data pemilihan bupati dan wakil bupati

Setelah selesainya masa sengketa selama tiga hari, KPU Barito Timur akan melaksanakan rapat pleno kembali untuk penetapan hasil Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Barito Timur. Sesuai jadwal, Anggota DPRD Barito Timur terpilih akan diambil sumpah dan janjinya melalui sidang paripurna istimewa pada Selasa, 1 Oktober 2024.

Kapolres Bartim AKBP Viddy Dasmasela yang terlihat hadir dalam pengamanan rapat pleno terbuka , juga menegaskan, pihaknya sebagai lembaga kepolisian akan selalu hadir dan siap dalam hal pengamanan Pemilu 2024 hingga Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur periode 2024 – 2029.

Baca juga: Pemkab Bartim beri jaminan perlindungan bagi penyelenggara dan pengawas pemilu

Baca juga: Jalan Tamiang Layang-Hayaping perlu diperlebar

Baca juga: Pemkab Bartim upayakan mitigasi bencana berkelanjutan