KPU Bartim pastikan coklit data pemilihan bupati dan wakil bupati

id KPU Bartimpastikan coklitdata pemilihan bupati dan wakil bupati, kalteng, bartim, Barito Timur, pilkada, pemilu, politik

KPU Bartim pastikan coklit data pemilihan bupati dan wakil bupati

Ketua KPU Barito Timur, Satya Hedipuspita. ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Satya Hedipuspita memastikan bahwa dalam tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati di daerah tersebut, akan kembali ada proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.

“Kita pastikan akan ada coklit lagi agar semua pemilih yang memiliki hak pilih bisa menggunakan hak pilihnya pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur periode 2024-2029,” kata Satya di Tamiang Layang, Senin.

Menurutnya, coklit direncanakan dilakukan pada awal April 2024. Petugas akan mendatangi pemilih secara langsung dan menindaklanjuti usulan RT atau RW, sebagaimana diatur berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 Tahun 2017. Selanjutnya akan dilaksanakan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih.

Coklit merupakan langkah penting sekaligus sebagai upaya untuk memastikan bahwa seluruh masyarakat mendapatkan hak pilihnya dengan baik dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur.

Dalam coklit maka proses verifikasi data pemilih yang dilakukan secara langsung oleh petugas KPU untuk memastikan keabsahan dan keaktualan data pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Baca juga: Pemkab Bartim beri jaminan perlindungan bagi penyelenggara dan pengawas pemilu

“Dengan adanya proses coklit ini, diharapkan tidak ada warga masyarakat yang terlewatkan dalam mendapatkan hak pilihnya pada saat pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur,” kata Satya.

Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur sendiri telah ditetapkan akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024. Hal ini sesuai PKPU 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2024.

Penjabat Bupati Barito Timur, Indra Gunawan, mengharapkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan bupati dan wakil bupati tersebut dapat meningkat dibandingkan dengan pemilu sebelumnya yang mencapai 84 persen.

Dengan koordinasi yang baik antara KPU dan pemerintah daerah, diharapkan proses Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur dapat berjalan dengan lancar dan adil, serta masyarakat dapat memberikan suara mereka dengan aman dan nyaman sesuai dengan hak pilih yang telah diperoleh.

Baca juga: Jalan Tamiang Layang-Hayaping perlu diperlebar

Baca juga: Pemkab Bartim upayakan mitigasi bencana berkelanjutan

Baca juga: Pemkab Bartim sediakan lahan satu hektare untuk pembangunan gudang Bulog