Pemkab Bartim sediakan lahan satu hektare untuk pembangunan gudang Bulog

id Pemkab Bartim sediakan lahan satu hektare untuk pembangunan gudang Bulog, kalteng, bartim, Barito Timur, tamiang layang

Pemkab Bartim sediakan lahan satu hektare untuk pembangunan gudang Bulog

Penjabat Bupati Barito Timur, Indra Gunawan. ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan, mengumumkan langkah progresif dalam mendukung pembangunan gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) di wilayah setempat.

“Pemkab Bartim telah menyediakan lahan seluas satu hektare untuk pembangunan gudang Bulog,” katanya di Tamiang Layang, Rabu.

Menurutnya, pembangunan gudang nanti ditopang dari anggaran Bulog, sedangkan pemerintah daerah sendiri hanya menyediakan lahan milik pemerintah dan yang lokasinya berada di Jalan Janah Munsit. Selain itu, berkaitan pasca panen seperti program pertanian akan dibuat Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan setempat serta perbankannya pun dari lokal.

Ditambahkan Indra Gunawan, dirinya selaku Penjabat Bupati akan mendorong dan berupaya maksimal untuk peningkatan ketahanan pangan, kesediaan pangan dan lainnya. Hal ini juga mendapat dukungan penuh dari Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran.

Tambah Indra lagi, pembangunan gudang ini akan memberikan dampak positif yang signifikan dalam pengembangan sektor pertanian. Simbiosisnya berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut.

Baca juga: KPU Bartim pastikan PSU dan PSL dilaksanakan 23 Februari

Selanjutnya, Pemerintah Kabupaten Barito Timur akan melakukan pendataan ulang terkait kebutuhan petani serta mencari solusi agar petani dan masyarakat lokal dapat menjual hasil tanaman mereka dengan harga yang baik.

"Kami juga merencanakan langkah-langkah untuk memastikan petani mendapatkan akses permodalan tanpa harus bergantung kepada tengkulak atau rentenir," tambah Indra.

Dengan demikian, tambahnya, diharapkan para petani dapat menjual hasilnya secara langsung melalui Bulog sehingga bisa dijual dengan harga yang menguntungkan.

Pembangunan gudang Bulog ini diharapkan tidak hanya akan meningkatkan efisiensi distribusi pangan di wilayah Bartim, tetapi juga memberikan kesempatan bagi petani setempat untuk meningkatkan pendapatan mereka melalui kerja sama yang lebih baik dengan lembaga pemerintah terkait.

“Ini merupakan upaya yang saya akan dorong untuk mensejahterakan para petani di Kabupaten Barito Timur,” demikian Indra Gunawan.

Baca juga: Partisipasi pemilih di Barito Timur capai 84 persen

Baca juga: Penjabat Bupati: Kehadiran TP PKK Bartim diharapkan turut memajukan daerah

Baca juga: Pj Bupati Bartim gunakan hak pilih di Tamiang Layang