KPU Bartim pastikan PSU dan PSL dilaksanakan 23 Februari

id KPU Bartimpastikan PSU dan PSL dilaksanakan 23 Februari, kalteng, bartum, Barito Timur, pemilu, politik

KPU Bartim pastikan PSU dan PSL dilaksanakan 23 Februari

Ketua KPU Barito Timur, Satya Hedipuspita. ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Satya Hedipuspita menegaskan, Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 3 Tampa Kecamatan Paku dan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) di TPS 2 Karang Langit Kecamatan Dusun Timur dilaksanakan pada Jumat (23/2).

“Surat suara untuk PSU di TPS 3 Tampa sudah siap. Sedangkan surat suara untuk PSL di TPS 2 Karang Langit masih dalam proses,” kata Ketua KPU Bartim Satya Hedipuspita di Tamiang Layang, Senin.

Menurutnya, terkait kesiapan personel Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada TPS 3 Tampa maupun TPS 2 Karang Langit telah siap menyelenggarakan.

Dilaksanakannya PSU pada TPS 3 Tampa atas dasar saran perbaikan pengawas TPS Bawaslu, dengan adanya saran perbaikan dari PTPS yang disampaikan kepada KPPS, yang kemudian disampaikan kepada KPU Barito Timur. Saran tersebut ditindaklanjuti dengan dilaksanakan pleno komisioner KPU Barito Timur dengan keputusan dilaksanakannya PSU dan PSL.

Pada TPS 3 Tampa terdapat 294 pemilih yang terdaftar dalam DPT. Sedangkan pada TPS 02 Karang Langit terdapat 22 pemilih susulan.

Kepolisian Resor Barito Timur menyatakan kesiapannya untuk mengamankan jalannya Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan Penghitungan Suara Sementara (PSS) di wilayahnya. PSU tersebut akan dilaksanakan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 3 Desa Tampa, Kecamatan Paku, dan TPS 02 Desa Karang Langit, Kecamatan Dusun Timur.

Baca juga: Partisipasi pemilih di Barito Timur capai 84 persen

Kapolres Bartim, AKBP Viddy Dasmasela, menegaskan pihaknya siap menjaga kondusif  wilayah untuk terlaksananya PSU di TPS 3 Tampa dan PSL pada TPS 2 Karang Langit.

“Kita pastikan keamanan dan kelancaran proses PSU dan PSS tersebut,” kata Viddy Dasmasela.

Dijelaskan Viddy, pihaknya dalam mengamankan PSU dan PSS di kedua TPS tersebut, telah melakukan koordinasi secara intensif dengan berbagai pihak terkait, termasuk penyelenggara KPU, Bawaslu dan unsur terkait lainnya.

“Personel yang bertugas untuk pengamanan TPS tersebut sudah kita siapkan. Intinya penjagaan ketat,” katanya.

Kapolres Bartim juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya di wilayah TPS 3 Tampa dan TPS 2 Karang Langit untuk tetap menjaga situasi keamanan.

“Mari bersama-sama menciptakan suasana yang kondusif, aman dan damai selama hingga selesai Pemilu 2024,” demikian AKBP Viddy Dasmasela.

Baca juga: Penjabat Bupati: Kehadiran TP PKK Bartim diharapkan turut memajukan daerah

Baca juga: KPU Bartim: PSU di TPS 3 Tampa dan PSS di TPS 2 Karang Langit

Baca juga: Pj Bupati Bartim gunakan hak pilih di Tamiang Layang