Pemkab Bartim beri jaminan perlindungan bagi penyelenggara dan pengawas pemilu

id Pemkab Bartim beri jaminan perlindungan bagipenyelenggara dan pengawas pemilu, kalteng, bartim, Barito timur

Pemkab Bartim beri jaminan perlindungan bagi penyelenggara dan pengawas pemilu

Penjabat Bupati Barito Timur, Indra Gunawan. ANTARA/HO-Diskominfosantik Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur (Bartim), Kalimantan Tengah telah memberikan jaminan perlindungan kecelakaan kerja dan kematian bagi petugas penyelenggara pemilu dan pengawas pemilu.

“Kemarin sudah kita tanda tangani Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemkab Bartim dengan BPJS Ketenagakerjaan,” kata Penjabat Bupati Barito Timur, Indra Gunawan di Tamiang Layang, Senin.

Menurutnya, pemberian jaminan tersebut sebagai langkah konkret dalam memastikan keamanan dan kesejahteraan bagi penyelenggara dan pengawas pemilu.

Langkah ini diambil sebagai bentuk dukungan yang jelas terhadap para penyelenggara dan pengawas pemilu dalam menjalankan tugas dengan aman dan nyaman.

“Program jaminan ini mencakup perlindungan terhadap kecelakaan kerja dan kematian, di mana preminya dibiayai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Barito Timur 2024,” kata Indra.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Barito Timur mengambil langkah tersebut sebagai wujud dan komitmen pemerintah daerah dalam memastikan proses jalannya Pemilu 2024, termasuk jalannya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2024 yang sebentar lagi akan berlangsung.

Baca juga: Jalan Tamiang Layang-Hayaping perlu diperlebar

Dengan adanya jaminan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan, kata Indra, diharapkan para penyelenggara pemilu dapat menjalankan tugas mereka tanpa kekhawatiran akan risiko kecelakaan kerja atau kematian yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan tugas.

Hal ini juga dianggap sebagai langkah progresif dalam meningkatkan kesejahteraan dan keamanan bagi para penyelenggara dan pengawas pemilu, yang seringkali terlibat dalam aktivitas yang memerlukan ketelitian dan kesigapan tinggi.

Dirinya selaku Penjabat Bupati Barito Timur mengajak seluruh masyarakat setempat untuk memberikan dukungan penuh terhadap jalannya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2024.

“Kami selaku perwakilan pemerintah daerah berkomitmen penuh memberikan perlindungan dan dukungan kepada para penyelenggara dan pengawas pemilu demi terlaksananya proses demokrasi yang berkualitas dan bertanggung jawab,” demikian Indra Gunawan.

Ketua KPU Bartim Satya Hedipuspita menyambut baik langkah dan kebijakan yang diambil Pemkab Bartim. Menurutnya, langkah tersebut sangat memberikan arti tersendiri yang berarti.

“Untuk tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur periode 2024-2029 dimulai pada April depan,” kata Satya.

Baca juga: Pemkab Bartim upayakan mitigasi bencana berkelanjutan

Baca juga: Pemkab Bartim sediakan lahan satu hektare untuk pembangunan gudang Bulog

Baca juga: Partisipasi pemilih di Barito Timur capai 84 persen