Legislator Kalteng minta pemda pertahankan penghargaan Adipura

id piala adipura, Anggota Komisi III DPRD Kalimantan Tengah, Kalteng, Duwel Rawing, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD kalteng, Kalimantan Tengah

Legislator Kalteng minta pemda pertahankan penghargaan Adipura

Anggota Komisi III DPRD Kalimantan Tengah Duwel Rawing. ANTARA/Dokumentasi Pribadi.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota Komisi III DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Duwel Rawing meminta kepada Pemerintah Kota Palangka Raya dan Kabupaten Kotawaringin Barat, agar dapat mempertahankan penghargaan Adipura, yang baru saja diraih dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

"Kita tentu mengapresiasi pencapaian dua kota tersebut dalam meraih piala adipura. Tetapi, kita juga tetap meminta agar pencapaian itu tetap dapat dipertahankan di masa mendatang," kata Duwel di Palangka Raya, Jumat.

Menurut legislator Palangka Raya itu, Piala Adipura merupakan penghargaan bergengsi yang diberikan kepada daerah-daerah yang telah berhasil menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan. Untuk itu kerja keras dua daerah itu patut diberikan apresiasi.

Namun dirinya mengingatkan, agar Pemerintah Kota Palangka Raya dan Kabupaten Kotawaringin Barat, tidak terlarut dalam euforia yang berlebihan. Pasalnya mempertahankan akan lebih sulit dilakukan daripada mendapatkan.
 
"Cukup rayakan dengan sewajarnya saja. Jangan sampai berlebihan," ucapnya.

Lebih lanjut legislator dari Fraksi PDI Perjuangan ini menilai, jika Kota Palangka Raya dan Kabupaten Kotawaringin Barat berhasil mengimplementasikan program-program yang efektif dalam pengelolaan lingkungan, termasuk pengelolaan sampah, penghijauan, dan lainnya.

Dirinya mencontohkan, seperti yang ada di Kota Palangka Raya, pemerintah setempat membuat terobosan Bank Sampah. Program tersebut dibuat agar masyarakat tidak hanya menilai jika sampah hanya untuk dibuang. Namun mengedukasi masyarakat terkait adanya nilai rupiah dalam setiap sampah yang dibuang.

Baca juga: Pemprov Kalteng diminta bahas bersama wacana pembongkaran gedung KONI

"Karena kan ada sampah-sampah yang bisa didaur ulang dan memiliki nilai rupiah yang bisa menambah penghasilan," ujar Duwel.

Untuk itu, dirinya mengharapkan kerja keras Pemerintah Kota Palangka Raya dan Kabupaten Kotawaringin Barat dapat dicontoh oleh daerah lainnya, dalam memaksimalkan inovasi serta program-program yang berkaitan dengan pengelolaan sampah serta penghijauan.

"Saya rasa semua pasti bisa, asalkan adanya kerja sama antar seluruh pihak," demikian Duwel Rawing.

Baca juga: DPRD Kalteng komit tuntaskan pembahasan Raperda perubahan bentuk hukum tiga Perusda

Baca juga: Legislator Kalteng minta pemda lebih aktif jaga dan lestarikan cagar budaya

Baca juga: Pemda se-Kalteng diminta lebih optimal dukung masyarakat desa buka usaha pangan