Legislator Kalteng minta pemda lebih aktif jaga dan lestarikan cagar budaya

id DPRD Kalteng, DPRD Kalimantan Tengah, Kalteng, kalimantan tengah, Duwel Rawing, cagar budaya

Legislator Kalteng minta pemda lebih aktif jaga dan lestarikan cagar budaya

Anggota DPRD Kalteng Duwel Rawing. ANTARA/Jaya WM.

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Duwel Rawing mengingatkan dan meminta pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, agar lebih aktif sekaligus optimal dalam menjaga dan melestarikan cagar budaya yang ada di wilayah ini.

Permintaan tersebut karena provinsi ini memiliki banyak cagar budaya yang merupakan aset berharga sekaligus menjadi kekayaan serta bagian dari identitas daerah, kata Duwel Rawing di Palangka Raya, Jumat.

"Apalagi, cagar budaya dapat menjadi pengingat bagi generasi muda terhadap sejarah atau masa lalu para leluhur. Itu harus tetap kita jaga dan lestarikan," tambahnya.

Menurut Anggota Komisi III membidangi Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata di DPRD Kalteng itu, cagar budaya bahkan memiliki potensi sebagai sarana edukasi pendidikan terhadap sejarah dan juga pariwisata, sehingga dapat lebih banyak memberikan manfaat bagi daerah maupun masyarakat.

"Cagar budaya dapat menjadi wadah edukasi dan pariwisata, pastinya itu akan menjadi sumber pengetahuan yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, baik secara ekonomi maupun budaya," kata Duwel Rawing.

Baca juga: Pemda se-Kalteng diminta lebih optimal dukung masyarakat desa buka usaha pangan

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan I meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas itu pun menyarankan supaya pemda bekerja sama dengan berbagai pihak baik masyarakat lokal, ahli sejarah, dan organisasi pelestarian, untuk memastikan cagar budaya dikelola dengan cara yang paling efektif dan berkelanjutan.

"Pelestarian ini penting dan itu merupakan bentuk kita menghargai peninggalan sejarah masa lampau. Kita juga pastinya sangat mendukung upaya pemda di provinsi ini mengelola dan melestarikan cagar budaya yang ada," demikian Duwel Rawing.

Baca juga: Bapemperda segera tuntaskan empat raperda inisiatif DPRD Kalteng

Baca juga: Waket DPRD Kalteng ajak generasi muda Kalteng lebih aktif mengembangkan diri

Baca juga: Legislator Kalteng minta pemerataan akses internet dipercepat di provinsi ini