Legislator Kalteng minta pemerataan akses internet dipercepat di provinsi ini

id DPRD Kalimantan Tengah, Duwel Rawing, DPRD kalteng, Kalimantan Tengah, DPRD, kalteng, internet, akses internet

Legislator Kalteng minta pemerataan akses internet dipercepat di provinsi ini

Anggota DPRD Kalteng Duwel Rawing. ANTARA/Jaya WM.

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Duwel Rawing mengingatkan sekaligus meminta kepada pemerintah daerah, terkhusus penyedia jaringan telekomunikasi, agar mempercepat pemerataan jaringan internet hingga ke pelosok provinsi ini.

Akses internet yang merata ke daerah pelosok sekarang ini sangat penting karena sudah menjadi salah satu kebutuhan dasar masyarakat, kata Duwel Rawing di Palangka Raya, kemarin.

"Bukan hanya untuk mendapatkan informasi secara cepat dan tepat, tetapi akses internet juga dapat mendukung upaya peningkatan ekonomi serta pendidikan," ucapanya.

Anggota DPRD Kalteng dari Fraksi PDI Perjuangan ini bahkan menyakini, pemerataan pembangunan jaringan internet akan mendukung masyarakat dalam bertransaksi dan berinteraksi secara online, serta mendorong perkembangan sektor usaha kecil. Hanya, dirinya perlunya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) seiring dengan pembangunan infrastruktur fisik seperti jaringan internet.

"Hal ini penting agar masyarakat bisa memanfaatkan internet dengan maksimal sesuai dengan kebutuhan mereka. Kita berharap pembangunan internet di Kalteng bisa lebih digencarkan dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut," kaat Duwel Rawing.

Baca juga: DPRD Kalteng minta BUMDes di seluruh desa provinsi ini diperkuat

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan I meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas itu, Kalteng tidak boleh tertinggal dalam menghadapi era digital ini. Akses internet yang merata tidak hanya memungkinkan akses informasi yang cepat, tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi dan inovasi di daerah.

"Pemerataan internet akan memfasilitasi masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitas on-line, seperti bertransaksi, belajar, dan berkomunikasi. Pembangunan infrastruktur internet harus disertai dengan peningkatan kualitas SDM," demikian Duwel Rawing.

Baca juga: Legislator Kalteng minta infrastruktur di perdesaan lebih memadai

Baca juga: Pemda di Kalteng diminta semakin gencar ciptakan lapangan kerja

Baca juga: DPRD Kalteng minta pemda antisipasi lonjakan harga pangan jelang Ramadhan