DPRD Kalteng minta BUMDes di seluruh desa provinsi ini diperkuat

id Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah, Freddy Ering, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD kalteng, Kalimantan Tengah, kalteng

DPRD Kalteng minta BUMDes di seluruh desa provinsi ini diperkuat

Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah Y Freddy Ering. ANTARA/Jaya WM.

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah Freddy Ering mengingatkan sekaligus meminta kepada pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten, terus memberikan dukungan memperkuat keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Pemda di provinsi ini pun harus memastikan bahwa setiap desa telah memiliki BUMDes dan dapat berkembang pesat serta berperan membantu perekonomian masyarakat sekitar, kata kata Freddy Ering di Palangka Raya, kemarin.

"Keberadaan dan peran BUMDes ini sangat penting dalam membantu masyarakat yang tinggal di desa untuk mengakses pasar, mendapatkan pendanaan maupun meningkatkan pertumbuhan ekonomi," tambahnya.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan V meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau ini mengakui, bukan perkara mudah membangun dan mengembangkan BUMDes. Sebab, tidak hanya diperlukan dukungan modal, tetapi juga sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni dalam mengelola serta mengembangkannya.

Berdasarkan permasalahan itulah, kata Freddy Ering, dukungan dan peran pemda sangat penting dalam mendukung sekaligus memfasilitasi terciptanya SDM di tiap desa meiliki kemampuan untuk mengelola sekaligus mengembangkan BUMDes.

"Pemda bisa melatih sekaligus melakukan pendampingan terhadap orang-orang yang telah dipercaya untuk mengelola dan menjalankan BUMDes tersebut. Jika itu dilakukan, kami yakin BUMDes bisa bertahan dan berkembang," kata dia.

Baca juga: Legislator Kalteng minta infrastruktur di perdesaan lebih memadai

Legislator Kalteng itu juga menyerukan peningkatan kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat dalam upaya penguatan kelembagaan ekonomi perdesaan tersebut.

"Diperlukan kerja sama untuk memastikan bahwa upaya penguatan kelembagaan ekonomi perdesaan berhasil. Ini membutuhkan sinergitas dan komitmen dari semua pihak," katanya.

Freddy Ering pun berharap dengan adanya upaya penguatan kelembagaan ekonomi perdesaan ini, masyarakat dapat merasakan manfaat langsung dari pembangunan ekonomi dan dapat berkontribusi lebih banyak terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca juga: Pemda di Kalteng diminta semakin gencar ciptakan lapangan kerja

Baca juga: DPRD Kalteng minta pemda antisipasi lonjakan harga pangan jelang Ramadhan

Baca juga: Dorong dan maksimalkan kontribusi PBS bagi pembangunan di Kalteng