Dorong dan maksimalkan kontribusi PBS bagi pembangunan di Kalteng

id Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah, FreddyEring, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD kalteng, Kalimantan Tengah, kalteng

Dorong dan maksimalkan kontribusi PBS bagi pembangunan di Kalteng

Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah Y Freddy Ering. ANTARA/Jaya WM.

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah Freddy Ering mengajak sekaligus mendorong seluruh perusahaan besar swasta (PBS) yang beroperasi di provinsi ini, agar tetap berkontribusi terhadap kemajuan pembangunan di daerah ini.

Pemerintah provinsi bersama kabupaten/kota se-Kalteng juga harus memaksimalkan kontribusi PBS ini, kata Freddy Ering di Palangka Raya, Kamis.

"Jadi, melaksanakan program maupun kegiatan pembangunan, tidak hanya mengandalkan APBD, tetapi juga dari kontribusi PBS," tambahnya.

Menurut legislator Kalteng ini, kontribusi PBS bukan hanya terkait kemajuan pembangunan infrastruktur, tetapi juga pendidikan, kesehatan, perekonomian masyarakat dan lainnya. Untuk itu, PBS yang ada di Kalteng, bisa mengambil peran terhadap berbagai sektor tersebut.

"Investasi bukan hanya soal keuntungan semata, tetapi juga mengenai pembangunan. Ini harus menjadi perhatian bagi seluruh PBS di Kalteng," kata Freddy Ering.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu juga menekankan pentingnya kontribusi pajak dari seluruh PBS yang ada di provinsi ini. Di mana salah satu hal yang bisa dilakukan adalah, seluruh PBS di Kalteng harus memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) cabang Kalteng.

Dia mengatakan, sampai saat ini masih ada, bahkan mungkin banyak PBS yang menggunakan NPWP dari daerah lain. Alhasil, kontribusi pajak dari PBS tersebut justru masuk ke daerah lain atau langsung ke pemerintah pusat. Padahal, kekayaan alam daerah ini dieksploitasi, namun kontribusi pajak yang masuk tidak mencukupi.

"Kami berharap dengan kontribusi maksimal dari PBS, pembangunan di Kalteng dapat terus meningkat, menjadikan daerah ini lebih maju dan sejahtera untuk seluruh masyarakatnya," demikian Freddy Ering.

Baca juga: Presiden terpilih diharapkan tepati janji dan penuhi harapan masyarakat

Baca juga: Optimalkan bonus demografi, pelatihan ke generasi muda Kalteng harus digiatkan

Baca juga: DPRD Kalteng minta pembinaan ke petani harus terus dan berkelanjutan