Optimalkan bonus demografi, pelatihan ke generasi muda Kalteng harus digiatkan

id Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah, Abdul Razak, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD kalteng, kalteng, Kalimantan Tengah

Optimalkan bonus demografi, pelatihan ke generasi muda Kalteng harus digiatkan

Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah Abdul Razak. ANTARA/Jaya WM.

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah Abdul Razak mendorong sekaligus mengajak pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota di wilayah ini, membuat program ataupun kegiatan yang difokuskan kepada generasi muda.

Program tersebut arahnya dapat memicu jiwa ataupun keinginan generasi muda untuk berwirausaha dengan memanfaatkan berbagai potensi yang ada di daerah ini, kata Abdul Razak di Palangka Raya, Kamis.

"Saya menyarankan program itu bersifat pelatihan karena memang sekarang ini perlu digiatkan kepada pemuda. Itu juga salah satu upaya mengoptimalkan bonus demografi," ucapnya.

Menurut wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan III meliputi Kabupaten Sukamara, Lamandau dan Kotawaringin Barat itu, upaya ini sangat penting untuk membuka peluang bagi generasi muda Kalteng, agar dapat menjadi pengusaha muda di berbagai bidang usaha. Langkah ini juga akan berdampak positif terhadap perkembangan ekonomi daerah di masa mendatang.

"Dampak positifnya tidak hanya akan dirasakan oleh generasi muda itu sendiri, tetapi juga oleh daerah secara keseluruhan, baik dari segi ekonomi maupun pembangunan daerah, seperti terbukanya lapangan pekerjaan yang lebih luas," kata Abdul Razak.

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) itu meyakini, generasi muda memiliki potensi yang sangat besar dalam mengembangkan usaha melalui kreativitas dan inovasi. Apalagi para generasi muda merupakan aset masa depan bangsa, yang perlu terus didorong untuk aktif berkontribusi dalam membangun daerah.

Baca juga: DPRD Kalteng minta pembinaan ke petani harus terus dan berkelanjutan

Dia mengatakan, sekarang ini kebanyakan generasi muda tidak hanya bercita-cita menjadi Pegawai Negeri Sipil (ASN), tetapi juga memiliki keinginan kuat untuk menjadi pengusaha. Oleh karena itu, potensi ini perlu dikembangkan dan didorong melalui dukungan yang diberikan.

"Itulah kenapa saya menyarankan pelatihan ke sektor usaha dan memanfaatkan potensi yang ada di daerah ini harus lebih di giatkan," demikian Abdul Razak.

Baca juga: DPRD Kalteng minta pendidikan moral diperkuat di semua sekolah

Baca juga: Legislator Kalteng minta anggaran pemprov dialokasikan secara merata

Baca juga: Program pembangunan di Kalteng harus selaras dan saling mendukung