Legislator Kalteng minta anggaran pemprov dialokasikan secara merata

id DPRD Kalimantan Tengah, Ina Prayawati, DPRD kalteng, kalteng, Kalimantan Tengah, das barito

Legislator Kalteng minta anggaran pemprov dialokasikan secara merata

Anggota DPRD Kalimantan Tengah Ina Prayawati. ANTARA/HO-koleksi Ina Prayawati

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Ina Prayawati mengingatkan sekaligus meminta anggaran pemerintah provinsi tidak difokuskan kepada satu daerah tertentu, melainkan juga secara merata ke seluruh kabupaten. 

"Selain alokasi anggaran harus disiapkan dengan benar, pembagiannya pun harus merata, agar seluruh daerah dapat merasakan dampak positifnya," kata Ina di Palangka Raya, Rabu.

Menurut anggota Komisi II DPRD Kalteng ini, alokasi anggaran pemprov beberapa tahun terakhir ini relatif kecil ke sejumlah kabupaten yang ada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito, jika dibandingkan dengan kabupaten lain di provinsi ini. Padahal, DAS Barito juga memerlukan pembangunan infrastruktur seperti daerah lain di Kalteng.

Srikandi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu mengatakan, pentingnya pemerataan infrastruktur untuk daerah yang sedang berkembang, dengan pemerataan infrastruktur, maka pemerintah daerah bisa menyeimbangkan pembangunan antara kota dan desa.

"Keseimbangan pembangunan merupakan kunci untuk meminimalisir kesenjangan yang masih ada di beberapa daerah, terutama di DAS Barito," kata Ina.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan IV meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya ini pun menegaskan bahwa dirinya akan terus berkomitmen, untuk terus memperhatikan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat dalam berbagai sektor pembangunan. Sebab, bagi dirinya aspirasi masyarakat adalah kenyataan lapangan yang harus diakomodir oleh pemerintah dan menjadi bagian dari program pembangunan.

Baca juga: Program pembangunan di Kalteng harus selaras dan saling mendukung

Dia mengatakan aspirasi masyarakat adalah cerminan kebutuhan riil di lapangan. Untuk itu, sudah menjadi tugas dan tanggungjawab wakil rakyat menyampaikan dan memperjuangkan aspirasi tersebut, agar dapat diakomodir oleh pemerintah, serta menjadi bagian dari program pembangunan yang nyata dan berdampak positif bagi masyarakat.

"Jadi, berharap agar pemerintah dapat memberikan perhatian serius terhadap setiap daerah, sehingga pembangunan di Kalteng dapat mencapai hasil yang optimal dan merata," demikian Ina Prayawati.

Baca juga: Legislator Kalteng minta pemda bantu kenalkan IBILAGA ke masyarakat

Baca juga: DPRD Kalteng minta pemda tetap konsisten maksimalkan penanganan stunting

Baca juga: Masyarakat Kalteng perlu diedukasi kelola keuangan dan menghemat pengeluaran