Disdik ingatkan pelajar di Palangka Raya tak balap liar di libur Ramadhan

id Disdik Palangka Raya,Balap Liar ,Libur Ramdhan 1445 H ,Palangka Raya,Kalteng,Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya A Vico

Disdik ingatkan pelajar di Palangka Raya tak balap liar di libur Ramadhan

Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya Aprae Vico Ranan. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah mengingatkan kepada para pelajar di daerah setempat untuk tidak terlibat dalam aksi balap liar di libur Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah.

Sekretaris Disdik Palangka Raya, Aprae Vico Ranan di Palangka Raya, Kamis, mengatakan pihaknya sangat menentang terkait aksi balap liar yang biasanya dilakukan oleh sekelompok oknum remaja maupun pemuda yang memanfaatkan libur Bulan Suci Ramadhan tahun ini.

"Banyak kerugian yang didapatkan terkait aksi balap liar tersebut, salah satunya bisa ditindak tegas oleh kepolisian, membahayakan nyawa sendiri serta sanksi sosial seperti terekspos di media massa dan terjaring razia yang sering dilakukan Polantas di daerah setempat," kata Vico.

Orang nomor dua di lingkup Disdik Kota Palangka Raya itu juga berharap para orang tua yang memiliki anak remaja, agar mengawasi pergaulan anak-anaknya. Sebab apabila tidak diawasi bisa saja mereka terlibat pergaulan yang negatif, sehingga bisa merugikan keluarga dan remaja itu sendiri.

Di momentum libur Ramadhan ini alangkah baiknya, para pelajar di Kota Palangka Raya memanfaatkannya dengan hal-hal yang positif sehingga bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

"Saran saya jangan diberikan kendaraan roda dua mereka saat bergaul keluar rumah. Kalau toh juga diberikan, alangkah baiknya dibatasi sehingga mereka tidak bisa seenaknya hendak menggunakan kendaraan tersebut dengan tujuan mengantisipasi mereka terlibat aksi balap liar di jalan raya," ujar Vico.

Baca juga: Rumah pengurus Panti Asuhan Ayah Bunda ludes terbakar

Ditambahkan Vico, kepada masyarakat apabila ada melihat ada aksi balap liar dimana pun lebih baik segera melaporkan ke pihak kepolisian terdekat. Tindakan tersebut guna mencegah terjadinya hal-hal fatal saat aksi balap liar tersebut terjadi.

"Laporkan saja demi kebaikan kita bersama. Jangan sampai aksi balap liar yang kapan saja bisa terjadi itu malah nantinya memakan korban jiwa, maka dari itu lebih baik mencegah dari pada sudah terjadi," demikian Vico.

Sementara itu Satlantas Polresta Palangka Raya saat ini juga terus menggencarkan patroli ke sejumlah jalan raya, baik itu di sejumlah titik yang dijadikan tempat aksi balap liar. Patroli tersebut bertujuan untuk mencegah aksi-aksi yang tidak terpuji dan bisa membahayakan keselamatan pengendara lain tersebut.

Baca juga: WBP di Palangka Raya mengisi Ramadhan dengan tarawih dan tadarus

Baca juga: Disdik Palangka Raya ingatkan peserta didik waspadai bahaya banjir

Baca juga: Legislator: Pertamina diminta tingkatkan layanan kepada masyarakat