'Apple ID' akan diganti jadi 'Apple Account' mulai iOS 18

id Apple,apple id,apple account,Iphone

'Apple ID' akan diganti jadi 'Apple Account' mulai iOS 18

Arsip Foto - Pengunjung melihat iPhone 15 Pro dan iPhone 15 baru Apple secara resmi mulai dijual di toko Apple di Shanghai, China, Jumat (22/9/2023). ANTARA/REUTERS/Aly Song/am.

Bandung (ANTARA) - Perusahaan teknologi Apple yang dikenal dengan produk-produk ternamanya seperti iPhone dan iPad dikabarkan bakal mengubah nama produk akun mereka dari yang sebelumnya "Apple ID" menjadi "Apple Account".

Kabar itu pertama kali diungkap oleh Mac Rumors pada akhir Februari 2024 dan semakin diperkuat oleh kabar yang dibawa oleh jurnalis teknologi senior Mark Gurman yang mengatakan hal serupa.

Lewat buletinnya, Mark Gurman mengatakan sebutan "Apple Account" bakal mulai digunakan akhir tahun ini baik secara online maupun dalam rilis perangkat lunak besar Apple berikutnya, seperti iOS 18 untuk iPhone dan watchOS 11 untuk Apple Watch.

Baca juga: Apple berencana perbaiki masalah "Face ID" tanpa penggantian perangkat

Baca juga: Peluncuran iPhone lipat diprediksi mundur hingga 2024


Menurut dia saat ini pun upaya Apple mengenalkan ketentuan tersebut terlihat saat perusahaan menyebut apabila ada dana yang ditambahkan ke Apple ID sebagai "Apple Account balance".

Di samping itu, Mark Gurman juga menyebutkan bahwa perusahaan berbasis di Cupertino itu sudah memiliki tim yang dibentuk secara khusus untuk mengurus "Apple Account".

Diperkirakan perubahan citra sepenuhnya dari Apple ID menjadi Apple Account akan berlangsung di akhir 2024, setelah dua dekade istilah Apple ID diperkenalkan.

Besar kemungkinan perubahan citra itu dikenalkan dalam ajang WWDC 2024 yang jatuh pada akhir semester I 2024 dan pembaruan mulai dirilis secara luas pada September 2024.

Apple ID sendiri selama ini telah dikenal sebagai identitas yang digunakan untuk pemilik produk Apple untuk bisa mendaftarkan diri pada berbagai layanan seperti untuk mengakses toko aplikasi App Store dan layanan drive iCloud.

Dengan adanya perubahan tersebut tentunya pengguna bakal menerima ketentuan dan perlu memahami perubahan istilah tersebut. Demikian dilaporkan Mac Rumors, Minggu (17/3).