Tokoh muda tertantang bertarung di Pilkada Kotim

id Tokoh muda tertantang bertarung di Pilkada Kotim, kalteng, sampit, kotim, Kotawaringin Timur, pilkada kotim

Tokoh muda tertantang bertarung di Pilkada Kotim

Fredy Mustofani dan Abdul Hafid, dua politisi muda yang menyatakan siap maju dalam Pilkada Kotim. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Sampit (ANTARA) - Suksesnya sosok Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden pada pemilu 14 Februari 2024, bisa jadi pemantik kepercayaan diri kaum muda di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah untuk mempersiapkan diri maju pada pemilihan bupati dan wakil bupati setempat. 

Saat ini setidaknya sudah ada dua tokoh muda yang menyatakan siap bertarung pada pemilu kepala daerah (Pilkada) nanti, yakni Fredy Mustofani dan Abdul Hafid. 

"Kami sebagai kader partai tugasnya ada dua, yakni melaksanakan keputusan partai dan mengamankannya. Karena partai tidak akan sembarangan menempatkan kadernya maju sebagai calon kepala daerah dan wakil kepala daerah," kata Fredy di Sampit, Minggu. 

Fredy merupakan politisi Partai Golkar. Meski masih muda, lulusan Ilmu Hukum Universitas Brawijaya Malang ini menduduki jabatan politik yang strategis yaitu sebagai Bendahara DPD Partai Golkar Kotawaringin Timur. 

Selain itu, Fredy juga tercatat sebagai tenaga ahli di DPR RI. Dia turun langsung membantu menjalankan program salah satu anggota DPR RI dari daerah pemilihan Kalimantan Tengah. 

Sebagai seorang politisi, Fredy mengaku selalu siap menjalankan perintah partainya, termasuk jika nantinya dipercaya maju dalam Pilkada 2024. Baginya, Kotawaringin Timur memerlukan ide-ide cemerlang dari kaum muda agar pembangunan di daerah ini semakin maju. 

Meski begitu, dia menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada partai dalam menyikapi pilkada nanti. Siapapun yang diberi amanah, maka harus didukung sepenuhnya. 

"Survei internal jadi indikator penting untuk menentukan langkah politik partai. Saya pribadi, siap jika diberi amanah untuk maju di Pilkada Kotim," tegas Fredy.

 Baca juga: BMKG Kotim prakirakan hujan ringan hingga lebat selama seminggu

Kesiapan juga disampaikan tokoh muda lainnya Abdul Hafid. Politisi yang menjabat Wakil Ketua DPW PAN Kalimantan Tengah ini menyatakan siap jika partai memberinya amanah maju pada Pilkada Kotim. 

Pria yang pernah menjabat Ketua Karang Taruna Kotawaringin Timur dan Ketua Karang Taruna Kalimantan Tengah ini mendulang sukses pada pemilu 14 Februari lalu. Dia terpilih menjadi salah satu wakil rakyat yang akan dilantik menjadi anggota DPRD Kalimantan Tengah dari daerah pemilihan Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan. 

Capaian ini tentu menjadi pengalaman dan modal bagi Abdul Hafid dalam mengukur elektabilitasnya jika ingin maju pada pilkada di Kotawaringin Timur. Dia menyatakan tidak akan menolak jika aspirasi masyarakat semakin kuat dan PAN menugaskannya maju dalam pilkada nanti. 

Sementara itu, pasangan petahana yaitu Halikinnor dan Irawati belum menyatakan secara terbuka sikap mereka terkait pilkada. Keduanya mengaku masih fokus menjalankan tugas sebagai bupati dan wakil bupati dalam membangun Kotawaringin Timur. 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur, Muhammad Rifqi mengatakan saat ini belum diketahui siapa yang akan mencalonkan diri dalam Pilkada Kotim 2024. 

Berdasarkan jadwal tahapan pilkada, pada 5 Mei sampai 19 Agustus 2024 baru tahap pemenuhan persyaratan dukungan calon perseorangan. Selanjutnya pada 27 Agustus sampai 21 September 2024 masuk tahap pendaftaran penelitian persyaratan pasangan calon. Sedangkan untuk penetapan pasangan calon pada 22 September 2024.

Tahapan berikutnya pada 23 September 2024 tahap pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon. Dilanjutkan 25 September sampai 23 November 2024 masa kampanye, serta 24 November sampai 26 November 2024 masa tenang. .

"Tanggal 27 November 2024 pelaksanaan pemungutan suara, kemudian tanggal 27 November sampai 10 Desember 2024 penghitungan suara dan rekapitulasi. Itu rancangan jadwal Pilkada 2024 yang telah disusun KPU," demikian Rifqi. 

Baca juga: Berikut enam target pembangunan Pemkab Kotim untuk 2025

Baca juga: Transportasi laut masih jadi andalan pemudik di Kotim

Baca juga: Potensi pertanian di Kotim masih menjanjikan