Pemkab Kapuas bantu masyarakat melalui Gerakan Pangan Murah

id pemkab kapuas, pj bupati erlin hardi, gerakan pangan murah, inflasi, kuala kapuas, kapuas, pengendalian inflasi

Pemkab Kapuas bantu masyarakat melalui Gerakan Pangan Murah

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi bersama masyarakat pada Gerakan Pangan Murah, Kuala Kapuas, Senin (1/4/2024). (ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Kapuas bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kalimantan Tengah, Perum Bulog dan lainnya kembali melaksanakan Gerakan Pangan Murah serentak.
 
“Kegiatan ini untuk membantu masyarakat, terutama menjelang hari besar keagamaan dalam hal ini Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah,” kata Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi di Kuala Kapuas, Senin.
 
Erlin menyampaikan terima kasih kepada pemangku kepentingan yang bekerja sama menyediakan bahan pangan dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan DKPP Kapuas, untuk mengatur stabilisasi pasokan harga pangan serta menekan laju inflasi.
 
Sementara itu, Kepala DKPP Kapuas Kusmiatie mengatakan pelaksanaan Gerakan Pangan Murah serentak merupakan amanat pemerintah pusat melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas).
 
Hal ini sesuai surat Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan perihal undangan menghadiri apel siaga HBKN jelang Idul Fitri 2024 melalui Gerakan Pangan Murah serentak yang dilaksanakan pada 1 April 2024.
 
"Bertujuan untuk menjaga stabilisasi harga pangan, sehingga laju inflasi dapat terjaga dan menjamin ketersediaan bahan pangan yang dibutuhkan oleh masyarakat," demikian Kusmiatie.

Baca juga: Pemkab Kapuas bentuk satgas penanganan masalah perempuan dan anak
 
Adapun kegiatan yang berlangsung di kawasan Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas tersebut turut dihadiri Sekda Kapuas Septedy, unsur Forkopimda dan lainnya.
 
Komoditas yang disediakan pada pelaksanaan Gerakan Pangan Murah serentak ini yaitu beras SPHP Rp 55.000/5 kg, minyak goreng JAR Rp 12.500/liter, telur ayam ras Rp50.000/rak, gula Rp12.500/kg, bawang putih Rp30.000, bawang merah Rp.20.000, cabai rawit merah Rp 40.000/kg dan Iga gondrong Rp37.000/kg.
 
Masyarakat tampak berbondong-bondong dan penuh antusias mendatangi kegiatan Gerakan Pangan Murah tersebut yang diadakan menjelang Idul Fitri.
 
Mereka rela antre untuk mendapatkan sejumlah komoditas pangan yang disubsidi tersebut, sehingga lebih murah dibandingkan dengan harga di pasaran.

Baca juga: Warga Pulau Kupang antusias ikuti Safari Ramadhan Pemkab Kapuas

Baca juga: DPMD Kapuas maknai buka puasa bersama untuk mempererat silaturahim

Baca juga: Pemkab kembali lanjutkan sosialisasi program Jaga Desa di Kapuas Timur