Pelatih MU mengaku tak pernah bisa susun skuad terbaik timnya

id Erik ten hag, Manchester United

Pelatih MU mengaku tak pernah bisa susun skuad terbaik timnya

Erik ten Hag. (Photo by PETER POWELL / AFP) (AFP/PETER POWELL)

Jakarta (ANTARA) - Erik ten Hag menjawab kritik atas kinerja buruknya selama melatih Manchester United dengan mengatakan dia tak pernah bisa membentuk tim inti yang dikehendakinya sejak ditarik Setan Merahpada musim panas 2022.

Man United tengah bersiap menghadapi pertandingan semifinal Piala FA melawan Coventry City pada Minggu malam nanti yang bisa menjadi satu-satunya kesempatan mendapatkan trofi musim ini.

Juara Piala FA 12 kali itu terdampar pada peringkat tujuh klasemen Liga Inggris atau terpaut jauh 13 poin dari peringkat empat Aston Villa sehingga hampir pasti tak berlaga dalam Liga Champions musim depan.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Man City teratas, Man United turun posisi

"Saya tak peduli (dengan apa yang diomongkan di luar)," kata Ten Hag dalam jumpa pers menjelang laga di Wembley melawan Coventry itu.

"Yang saya pedulikan adalah dalam 18 bulan ini saya tak pernah punya tim favorit saya di lapangan, itu yang mengkhawatirkan saya, karena pemain-pemain mengalami cedera," sambung ten Hag seperti dikutip laman ESPN pada Minggu.

Ten Hag mengungkapkan dia hanya sekali mendapatkan kesempatan membentuk tim impiannya ketik pertandingan kandang melawan Manchester City musim lalu.

Dia mengaku cedera memang biasa dalam sepak bola tapi yang dialaminya bersama United musim ini sudah di luar batas kemampuannya untuk dihadapi.
 
Pemain Manchester United Bruno Fernandes (kanan) berselebrasi dengan rekan-rekannya setelah tercipta gol ke gawang Everton dalam pertandingan Liga Premier Inggris di Old Trafford, Sabtu (9/3/2024). ANTARA/@ManUtd/pri.

Baca juga: Ten Hag akui banyaknya pemain yang cedera sangat berdampakbagi MU

"Ketika Anda menghadapi begitu banyak pemain yang cedera di posisi-posisi yang demikian penting maka Anda tak akan bisa mencapai hasil yang Anda inginkan," kata ten Hag.

Menghadapi Coventry di Wembley nanti pun ten Hag tak bisa menurunkan enam pemain intinya, meski masih bisa menurunkan Antony, Scott McTominay dan Harry Maguire.

Masa depannya di Old Trafford pun menjadi tidak menentu, apalagi setelah Sir Jim Ratcliffe menguasai saham minoritas klubnya.

"Saya hanya ingin fokus saja kepada tim saya, meningkatkan tim saya, memajukan para pemain, itulah tujuan saya di sini," pungkas pelatih asal Belanda itu.