Anggota DPR RI: Pemerataan pendidikan di Kalteng harus terus ditingkatkan

id Anggota DPR RI,Palangka Raya,Kalteng,Tabe,Agustiar Sabran ,hardiknas

Anggota DPR RI: Pemerataan pendidikan di Kalteng harus terus ditingkatkan

Anggota DPR RI Agustiar Sabran. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPR RI daerah pemilihan Kalimantan Tengah (Kalteng) Agustiar Sabran mengatakan, pemerataan pendidikan di provinsi setempat harus terus ditingkatkan hingga ke pelosok-pelosok desa.

"Di momentum Hari Pendidikan Nasional ini saya meminta pemerataan serta kualitas di daerah setempat harus ditingkatkan, sehingga sumber daya manusia di daerah kita tidak kalah dengan provinsi lain," kata Agustiar Sabran di Palangka Raya, Kamis.

Dia menuturkan, di Kalteng banyak perusahaan-perusahaan besar yang posisinya berada di pelosok bahkan belahan pedalaman provinsi yang memiliki luas dua kali dari Pulau Jawa tersebut.

Baca juga: DPR RI: Waspadai sejak dini bahaya karhutla di Kalteng

Bahkan masyarakat Kalteng, harus dibekali dengan skil dan SDM yang cakap dan berdaya saing. Dengan itu, masyarakat Kalteng, khususnya masyarakat setempat dapat berperan, tidak hanya sebagai penonton di provinsi yang berjuluk "Bumi Tambun" - "Bungai-Bumi Pancasila".

"Pemerataan dan kualitas pendidikan harus terus di gaungkan. Hal ini penting, agar nantinya lahir SDM handal dan berdaya saing dari seluruh wilayah provinsi setempat," bebernya.

Kakak kandung Gubernur Kalteng Sugianto Sabran ini juga mengungkapkan, bahwasanya SDA Kalteng sangat melimpah, mulai dari perkebunan hingga pertambangan sampai pertanian dan peternakan.

Baca juga: Raih elektabilitas tertinggi bakal calon Gubernur Kalteng, ini tanggapan Agustiar Sabran

"Jika tidak diperkuat dengan SDM yang berdaya saing tinggi, maka tidak menutup kemungkinan masyarakat Kalteng hanya menjadi penonton dan kalah bersaing dengan orang-orang pendatang," katanya.

Agustiar Sabran yang juga Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng, mengapresiasi program beasiswa yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kalteng yang tidak lain adalah atas inisiatif dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

Dia berharap, beasiswa tersebut dapat membantu pelajar dan mahasiswa Kalteng untuk memenuhi biaya pendidikan.

Baca juga: DPR RI: Cegah bertambahnya korban jiwa akibat banjir di Kalteng

Bahkan, menurutnya beasiswa sangat membantu, terutama bagi pelajar dan mahasiswa yang kurang mampu. Sebab, tidak semua mahasiswa memiliki kemampuan dan itu ditemukan dirinya (Agustiar Sabran) saat diskusi dengan mahasiswa.

"Kami dari DAD Kalteng juga menyambut baik program beasiswa TABE (Tabungan Beasiswa Berkah). Harapan kita juga selain beasiswa, perlu pemerataan guru-guru hingga pelosok desa. Kita tidak ingin mendengar ada kekurangan guru di pelosok Kalteng, apalagi itu di desa-desa, yang di sana banyak masyarakat adat Dayak," demikian Agustiar Sabran.

Baca juga: DPR RI: Tetap jaga kamtibmas Kalteng usai pemilu

Baca juga: Agustiar Sabran: Pemerintah di Kalteng tingkatkan kewaspadaan ancaman bencana