Raih elektabilitas tertinggi bakal calon Gubernur Kalteng, ini tanggapan Agustiar Sabran

id Agustiar Sabran ,Palangka Raya ,Kalteng,Hasil Survei Tinggi ,Lembaga Survei Charta Politika Indonesia ,Pilgub Kalteng 2024 ,Elektabilitas Tertinggi

Raih elektabilitas tertinggi bakal calon Gubernur Kalteng, ini tanggapan Agustiar Sabran

Hasil survei Lembaga Survei Charta Politika Indonesia pada November 2023. ANTARA/HO

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPR RI daerah pemilihan (dapil) Kalimantan Tengah Agustiar Sabran, meraih elektabilitas tertinggi atau top of mind pilihan Gubernur Kalimantan Tengah 2024, berdasarkan hasil survei dari Lembaga Survei Charta Politika Indonesia yang dilaksanakan pada 22-29 November 2023.

Agustiar Sabran saat dikonfirmasi di Palangka Raya, Senin, mengatakan bahwa belum menyatakan diri untuk maju dalam pemilihan Gubernur Kalteng 2024 meski dari hasil survei oleh Lembaga Survei Charta Politika Indonesia mendudukkan namanya di posisi tertinggi dari berbagai kategori.

"Nanti kita lihat bagaimana ke depannya. Saya juga menyampaikan terima kasih atas dukungannya kepada saya baik itu saat pemilihan legislatif kemarin," ucap Agustiar.

Survei dilaksanakan Lembaga Survei Charta Politika Indonesia menjelang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah. Survei dilaksanakan terhadap 1.200 responden, tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Kalteng.

Hasilnya, elektabilitas atau tingkat keterpilihan kakak kandung Gubernur Kalteng Sugianto Sabran itu meraih posisi tertinggi. Posisi kedua ditempati Nadalsyah (Koyem).

Selanjutnya ada Edy Pratowo yang masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Kalteng aktif.  Disusul, Willy Midel Yoseph, Ujang Iskandar, Abdul Razak, Fairid Naparin, Sugianto Sabran, Perdie M Yoseph, Supian Hadi dan lain-lain.

Baca juga: Pemprov Kalteng laksanakan mudik gratis, beri keamanan dan kenyamanan masyarakat

Tidak hanya itu, Agustiar Sabran juga meraih posisi teratas pada kategori survei nama-nama bakal calon Gubernur Kalteng paling dikenal. Berturut-turut di bawahnya ada Edy Pratowo, Nadalsyah, Ujang Iskandar, Willy Midel Yoseph, Abdul Razak, Fairid Naparin dan lainnya.

Selanjutnya, Agustiar juga menempati posisi tertinggi dalam survei nama-nama bakal calon gubernur Kalteng yang paling disukai. Di kategori ini, di bawahnya ada Nadalsyah, Edy Pratowo, Ujang Iskandar, Willy Midel Yoseph dan lainnya.

Agustiar Sabran lagi-lagi berada di atas ketika survei dilakukan berkaitan elektabilitas bakal calon gubernur. Dalam survei ini, mulanya ada banyak pilihan nama. Kemudian mengerucut 11 nama, lalu 8 nama, 5 lama, 3 nama, hingga 2 nama, selalu nama Agustiar Sabran yang meraih posisi tertinggi.

Meskipun hasil survei dari berbagai kategori nama Agustiar Sabran selalu tertinggi, namun suami dari Aisyah Thisia Halijam tersebut tidak mau jumawa. Bahkan ketika ditanya ingin maju, ia pun hanya tersenyum dan mengaku menyerahkan semuanya itu kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Hal yang paling penting selain dari dukungan masyarakat ketika ingin maju sebagai calon kepala daerah adalah restu dari ibunda tercinta. Karena, restu ibunda tercinta itu menjadi dasar dalam menentukan langkah politik saya," demikian Agustiar Sabran yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng tersebut.

Baca juga: Pererat jalinan silaturahim, Gubernur Kalteng gelar sahur bersama masyarakat

Baca juga: Berikut penjelasan Disdik-Bank Kalteng tentang penyaluran beasiswa Tabe

Baca juga: Gubernur Kalteng: Pembangunan RMU wujudkan kemandirian pangan