Pemprov Kalteng laksanakan mudik gratis, beri keamanan dan kenyamanan masyarakat

id pemprov kalteng, wagub kalteng, edy pratowo, mudik lebaran, arus mudik, kalimantan tengah, mudik gratis pemprov kalteng

Pemprov Kalteng laksanakan mudik gratis, beri keamanan dan kenyamanan masyarakat

Wagub Kalteng Edy Pratowo menempelkan stiker Ditjen Hubdat-Kemenhub kepada bus yang mengangkut pemudik dari Kota Palangka Raya, Minggu (7/4/2024). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) kembali melaksanakan Program Mudik Gratis bagi masyarakat menyambut Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, sekaligus sebagai salah satu upaya mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas.
 
"Saya berharap mudik gratis ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan membantu mengurangi angka kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran tahun ini," kata Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo di Palangka Raya, Sabtu.
 
Hal itu dia sampaikan saat melepas angkutan bus program mudik gratis di Terminal WA Gara. Pemprov menyediakan empat armada bus untuk mengantarkan para pemudik ke berbagai kota tujuan di Kalimantan Tengah.
 
Di antaranya rute Palangka Raya-Bahaur sebanyak dua bus dengan kapasitas 70 orang dan rute Palangka Raya-Sampit sebanyak dua bus dengan kapasitas 70 orang.

Baca juga: Pererat jalinan silaturahmi, Gubernur Kalteng gelar sahur bersama masyarakat
 
Rute ini adalah tambahan dari program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan RI dengan rute Palangka Raya-Pangkalan Bun sebanyak enam bus, dengan kapasitas 220 orang dan rute Palangka Raya-Banjarmasin sebanyak dua bus dengan kapasitas 88 orang.
 
Melalui program mudik gratis diharap dapat mengurangi potensi kecelakaan, lantaran angkutan yang digunakan merupakan angkutan yang benar-benar layak serta memenuhi standar keamanan bagi para pengguna.
 
Mudik merupakan kegiatan yang sudah menjadi tradisi atau budaya masyarakat untuk dapat berkumpul dan beribadah bersama keluarga di kampung halaman masing-masing.
 
Hanya saja disadari juga menyadari risiko dan tantangan yang dihadapi oleh para pemudik, terutama dalam hal keselamatan dan kenyamanan perjalanan.
 
Oleh karena itu, melalui program ini, Pemprov Kalteng berkomitmen memberikan bantuan kepada mereka yang ingin pulang ke kampung halaman dengan aman dan nyaman, serta salah satu upaya membantu warga untuk berkumpul dengan keluarga dan orang-orang terkasih tanpa terhalang kendala ekonomi.
 
"Kepada para peserta mudik gratis, saya berpesan agar selama perjalanan selalu menjaga kesehatan dan keselamatan. Patuhi peraturan, ikuti arahan dari para petugas, dan berhati-hati selama di perjalanan," pintanya.

Baca juga: Berikut penjelasan Disdik-Bank Kalteng tentang penyaluran beasiswa Tabe

Baca juga: Gubernur Kalteng: Pembangunan RMU wujudkan kemandirian pangan

Baca juga: Disnakertrans Kalteng siap terima pengaduan THR secara online