Strategis tingkatkan literasi di Kalteng, perpustakaan harus terus didukung

id perpustakaan, perpustakaan di kalteng, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalimantan Tengah, Siswandi, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD kalteng, kalteng, Kaliman

Strategis tingkatkan literasi di Kalteng, perpustakaan harus terus didukung

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalimantan Tengah Siswandi. ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng.

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi III membidangi pendidikan dan kesehatan di DPRD Kalimantan Tengah Siswandi, mendorong sekaligus meminta kepada pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, agar terus memberikan dan meningkatkan dukungan terhadap keberadaan perpustakaan.

Sekarang ini terlihat keberadaan dan peran perpustakaan semakin strategis dalam meningkatkan minat baca dan pembelajaran di kalangan generasi muda, kata Siswandi di Palangka Raya, Senin.

"Koleksi dan aktivitas perpustakaan di provinsi harus didukung secara optimal oleh ari pemerintah daerah. Jadi, perannya bisa semakin strategis dalam meningkatkan literasi di Kalteng," ucapnya.

Adapun dukungan yang perlu diberikan pemda menurut Legislator Kalteng itu, menjadikan perpustakaan sebagai tempat yang menarik serta pusat koleksi buku-buku. Dinas yang bertugas mengelola perpustakaan pun harus diberikan dukungan anggaran, dalam melakukan aktivitas merangsang minat baca dan pembelajaran aktif kepada generasi muda.

Siswandi mengatakan, dengan akses yang lebih luas, koleksi bervariasi didukung program-program menarik, perpustakaan akan menjadi pusat pembelajaran yang vital dalam meningkatkan literasi, pengetahuan, dan kecerdasan masyarakat di provinsi terluas di Indonesia ini.

"Perpustakaan yang aktif dan inovatif akan memberikan dampak positif dalam meningkatkan literasi masyarakat, memperluas wawasan, dan mendorong kreativitas," kata Siswandi.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan IV meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya itu juga mendorong pemerintah daerah, lembaga pendidikan, dan komunitas untuk memperkuat peran perpustakaan dalam menyediakan koleksi bahan bacaan yang bervariasi, fasilitas nyaman, serta program-program edukasi secara menarik.

Baca juga: Pemda se-Kalteng diminta lebih perbanyak aksi tangani stunting dan kemiskinan

Dirinya juga mendorong peningkatan kerjasama antara perpustakaan dengan berbagai instansi, sekolah, universitas, dan komunitas untuk mengoptimalkan fungsi perpustakaan sebagai pusat pembelajaran dan pengetahuan. Kolaborasi yang didukung oleh semua pihak akan memperkuat peran perpustakaan sebagai agen perubahan dan pembelajaran kontinu bagi masyarakat.

"Dengan peningkatan peran perpustakaan, kita dapat membangun masyarakat yang literat, kritis, dan kreatif. Peran perpustakaan dalam memberikan akses informasi, mengembangkan minat baca, dan mendukung pembelajaran sepanjang hayat sangat penting dalam menjawab tantangan kebutuhan pengetahuan dan informasi masyarakat modern," demikian Siswandi.

Baca juga: Ketua DPRD Kalteng minta pemda tetap gencar lakukan reboisasi

Baca juga: Legislator Kalteng sebut masyarakat di Sukamara minta dibantu replanting sawit

Baca juga: Rekomendasi DPRD Kalteng terkait LKPJ jadi masukan strategis pemprov