DPRD Kalteng minta pemerintah selaraskan pembangunan pusat di daerah

id Wakil Ketua I DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Wahid Yusuf, DPRD, Palangka Raya, kalteng

DPRD Kalteng minta pemerintah selaraskan pembangunan pusat di daerah

Wakil Ketua I DPRD Kota Palangka Raya Wahid Yusuf. ANTARA/Dokumentasi Pribadi.

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua I DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Wahid Yusuf mengingatkan sekaligus meminta Pemerintah Kota di daerah ini, agar dapat menyelaraskan dan memperhatikan program pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah pusat.

"Misalnya, program penerangan atau pengadaan aliran listrik hingga ke desa hingga penanganan stunting," katanya di Palangka Raya, Senin.

Dia menjelaskan, dengan adanya upaya tersebut dinilai akan terjadi sinkronisasi dari pemerintah daerah dan pusat terkait program yang sedang berjalan. Dengan begitu berbagai kendala di daerah bisa segera mendapatkan solusi dalam pelaksanaan program tersebut.

Apalagi, lanjutnya, instruksi dari pemerintah pusat juga sudah jelas agar ada sinkronisasi antara pemerintah pusat dan pemerintah di tingkat daerah hingga kabupaten.

"Rencana kerja pemerintah (RPK) sangat penting diperhatikan, supaya setiap lini yang dianggarkan tersebut sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang, dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah, yang dirumuskan pemerintah pusat," ucapnya.

Menurut politisi partai Golkar ini, dengan memerhatikan instruksi tersebut tidak hanya sebatas menjalankan kebijakan pemerintah pusat, akan tetapi memastikan program di daerah sesuai dengan agenda nasional dapat memberikan dampak yang lebih besar bagi kesejahteraan masyarakat. Sebab dia menilai, pembangunan itu tidak hanya bicara soal daerahnya, tapi yang ada di dalamnya dalam hal ini masyarakat sendiri.

Baca juga: Masyarakat Palangka Raya diminta hindari calo saat urus administrasi kependudukan

"Jika yang dikerjakan sesuai, searah dan semua tersinkron tentu akan memberikan dampak yang jauh lebih baik dan sesuai dengan tujuan pembangunan nasional," ujarnya.

Untuk itu, Pemerintah Kota Palangka Raya diminta aktif menjalin koordinasi yang baik, sehingga ke depan diyakini pembangunan dapat berjalan dengan lancar.

"meski dalam keadaan anggaran daerah terbatas namun bisa kita carikan solusinya. Misal menarik program dari provinsi atau pusat," demikian Wahid Yusuf.

Baca juga: Puluhan rumah dikawasan padat penduduk Kota Palangka Raya terbakar

Baca juga: Gubernur: Semoga Kalteng dipercaya kembali pelaksanaan UCI MTB 2025

Baca juga: Weekend Feast di Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya: Liburan akhir pekan yang menggoda