Puluhan rumah dikawasan padat penduduk Kota Palangka Raya terbakar

id Kebakaran Flamboyan Bawah,Palangka Raya ,Kalteng,Padat Penduduk

Puluhan rumah dikawasan padat penduduk Kota Palangka Raya terbakar

Petugas damkar Kota Palangka Raya memadamkan kobaran api yang melalap bangunan pemukiman warga Flamboyan Bawah, Senin (20/5/2024). ANTARA/Adi Wibowo 

Palangka Raya (ANTARA) - Puluhan rumah yang berada di kawasan padat penduduk Komplek  Flamboyan Bawah Kelurahan Langkawi, Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya hangus terbakar.



Kepala Seksi Pengendalian Operasi dan Komunikasi Bidang Penyelamatan di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan DKPP Kota Palangka Raya, Senin, mengatakan diperkirakan bangunan rumah warga yang rata-rata terbuat dari konstruksi kayu terbakar sekitar puluhan bangunan rumah dan barak. 



" Diperkirakan puluhan rumah, namun situasi seperti ini kami belum bisa memastikan berapa jumlah yang terbakar," kata Sucipto saat diwawancarai awak media di lokasi kebakaran di kawasan padat penduduk tersebut. 



Ia menuturkan, mengenai penyebab kebakaran sampai saat ini belum diketahui ap penyebabnya. Namun kuat dugaan yakni korsleting listrik atau kompor yang lupa mematikan oleh pemilik rumah. 



"Kalau memastikan apa penyebab kebakaran tersebut, kita serahkan semuanya ke pihak kepolisian sesuai tupoksinya masing-masing," katanya. 



Sucipto mengungkapkan, kobaran api yang melalap puluhan bangunan rumah tersebut berhasil dipadamkan setelah puluhan petugas damkar dari Pemerintah Kota Palangka Raya dan damkar swakarsa berhasil mengepung kobaran api, sehingga api berhasil dipadamkan dalam kurun waktu satu jam lebih. 



Bahkan dengan sigap nya petugas damkar di lapangan dibantu warga setempat, akhirnya kobaran api juga tidak dapat menjalar ke pemukiman warga lainnya karena kawasan setempat adalah wilayah padat penduduk. 



"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian ditaksir ratusan juta rupiah," demikian Sucipto. 



Berdasarkan pantauan di lapangan, pada saat kejadian tersebut masyarakat tumpah ruah dan bahu membahu mengangkut barang-barang berharga mereka keluar dari rumah mereka karena sempat terancam terbakar pada saat api melalap bangunan pemukiman warga. 



Bahkan ruas jalan kawasan Flamboyan Bawah juga dipadati warga baik korban kebakaran maupun warga yang ingin menonton kejadian tersebut.