Ketua DPRD Barut ajak masyarakat bersama merawat anugerah Pancasila

id mery rukaini,hari lahir pancasila,ketua dprd,1 juni,barut,barito utara,kalteng

Ketua DPRD Barut ajak masyarakat bersama merawat anugerah Pancasila

Ketua DPRD Barito Utara Hj Mery Rukaini.ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Barito Utara, Hj Mery Rukaini mengajak seluruh warga masyarakat di Kabupaten Barito Utara untuk bersama-sama bergotong royong  merawat anugerah Pancasila.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan kita dihadapi bangsa Indonesia khususnya di daerah kita akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik,” kata Mery Rukaini di Muara Teweh, Minggu.

Pernyataan terkait menanggapi peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni diperingati dengan upacara di halaman kantor Bupati Barito Utara pada Sabtu (1/6). 

Dirinya juga mengajak seluruh komponen bangsa khususnya di Kabupaten Barito Utara untuk mengutamakan Pancasila dengan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan gen-z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

“Saat perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan,” kata dia. 

Menurut Mery, pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar (Smartphone) dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

Patut bersyukur dan bangga bahwa bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa, dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara. 

"Kita harus bersyukur dan berbangga telah melewati pemilihan umum yang demokratis secara aman dan damai demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa," kata Mery Rukaini.