Disdik Palangka Raya: Pengelola sekolah jaga keamanan selama libur

id Disdik Kota Palangka Raya,Libur Panjang ,Palangka Raya,Kalteng,Sekolah

Disdik Palangka Raya: Pengelola sekolah jaga keamanan selama libur

Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya Aprae Vico Ranan. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, mengatakan pengelola atau penjaga sekolah baik itu tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) jaga keamanan sekolah dari bahaya tindak kejahatan selama libur panjang sekolah.

Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya, Aprae Vico Ranan di Palangka Raya, Jumat, mengatakan pengelola sekolah atau penjaga sekolah wajib mewaspadai bahaya tindak kejahatan seperti aksi pencurian, bahaya kebakaran serta lain sebagainya.

"Ya hal itu wajib dilakukan, jangan sampai aset milik sekolah hilang dicuri maling atau mengalami peristiwa kebakaran sehingga dapat merugikan sekolah dan dinas nantinya. Maka dari itu wajib dijaga dengan baik," kata Vico.

Menurut orang nomor dua di lingkup Disdik Kota Palangka Raya itu, keamanan sekolah menjadi prioritas utama selama libur sekolah dilaksanakan.

"Kami mengingatkan kepada pengelola sekolah dan penjaga sekolah untuk meningkatkan kewaspadaan dan menjaga keamanan lingkungan sekolah agar terhindar dari tindak kejahatan, khususnya pencurian," ucapnya.

Vico juga mengingatkan, bahwa bahaya kebakaran juga menjadi salah satu hal yang paling diwaspadai. Jangan sampai peristiwa itu menimpa sekolah sehingga akan mengganggu aktivitas belajar mengajar nantinya.

"Apalagi dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Kalau terjadi nantinya dapat mengganggu proses PPDB tersebut," ungkapnya.

Dia mengimbau kepada seluruh sekolah, agar pengelola sekolah dapat memasang kamera pemantau (CCTV) untuk mengantisipasi dan mengetahui kondisi sekolah tidak ada beraktivitas.

"Jangan pernah menyepelekan terkait hal tersebut, karena pengalaman yang sudah-sudah peristiwa kebakaran dan pencurian pernah terjadi di daerah kita. Saya harap tahun ini hal-hal seperti itu tidak terjadi lagi di tahun ini," demikian Aprae Vico Ranan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pada Sabtu, 15 Juni 2024 sekolah tingkat SD akan membagikan raport peserta didiknya. Dalam pembagian raport tersebut peserta didik juga akan mengetahui nilai akhir selama belajar pada akhir semester dan menentukan naik atau tidaknya peserta didik dari sekolah tersebut.