DPRD Palangka Raya minta penanganan stunting dilakukan dari skala kecil

id dprd palangka raya, hasan busyairi, stunting, palangkaraya

DPRD Palangka Raya minta penanganan stunting dilakukan dari skala kecil

Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Hasan Busyairi. (ANTARA/Rajib Rizali)

Palangka Raya (ANTARA) -
Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Hasan Busyairi meminta pemerintah kota agar dapat melakukan penanganan stunting mulai dari skala kecil.
 
"Perlu adanya langkah-langkah preventif yang dimulai dari menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat untuk menangani stunting di daerah ini," katanya di Palangka Raya, Senin.
 
Dirinya menjelaskan, penanganan stunting tidak hanya melibatkan intervensi medis, tetapi juga memerlukan peran aktif dari masyarakat dalam menjaga lingkungan yang sehat dan mempraktikkan pola hidup yang sehat.
 
Dirinya mencontohkan, dimulai dari skala terkecil seperti menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan menerapkan pola makan yang seimbang, diharap dapat memberi dampak positif dalam menurunkan angka stunting di Palangka Raya.
 
"Sebab pola hidup sehat diyakini dapat membuat masyarakat terhindar dari gizi buruk yang menjadi penyebab dari stunting," ucapnya.

Baca juga: DPRD minta polisi gencarkan sosialisasi bahaya judi online
 
Politisi asal Golkar ini menyampaikan penting bagi pemerintah dalam penanganan stunting sebagai upaya preventif menjaga kesehatan generasi muda dan memastikan pertumbuhan anak-anak optimal.
 
Untuk itu, para kader posyandu juga diharap dapat hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberi penyuluhan terkait pentingnya menjaga gizi yang cukup terhadap calon ibu dan anak.
 
"Melalui pendekatan yang holistik dan berkelanjutan, diharap Kota Palangka Raya dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak," ujarnya.
 
Tak hanya itu, lanjut Hasan, masyarakat juga harus aktif dalam memeriksakan anaknya ke fasilitas kesehatan yang ada di dekat rumah.
 
Hal tersebut dilakukan guna memastikan gizi anaknya benar-benar tercukupi sehingga anak dapat tumbuh dengan baik dan diharap dapat menjadi salah satu generasi emas.
 
"Tentu yang kita harapkan mereka ini akan menjadi generasi emas yang akan menggantikan posisi kita dalam pemerintahan sehingga dapat melanjutkan pembangunan di Kota Palangka Raya ke arah yang lebih baik lagi," demikian Hasan Busyairi.