Legislator Barut harapkan pelajar peroleh pengalaman di O2SN

id mustafa joyo muchtar,o2sn,anggota dprd,barut,barito utara,kalteng

Legislator Barut harapkan pelajar peroleh pengalaman di O2SN

Anggota DPRD Barito Utara yang juga Ketua Akab Barito Utara Mustafa Joyo Muchtar menyerahkan piala dan penghargaan kepada salah satu pemenang lomba, usai pembukaan O2SN, di GOR Muara Teweh, Sabtu (8/6/2024).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara Mustafa Joyo Muchtar mengatakan pelaksanaan kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SD/MI dan SMP/MTs tingkat kabupaten setempat 2024, para pelajar diharapkan memperoleh pengalaman belajar yang utuh dan sesuai dengan karakteristik kebutuhan dan perkembangannya.  

"Upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah tidak hanya terfokus pada pencapaian kualitas akademik, akan tetapi juga menyangkut aspek non akademik," kata Mustafa di Muara Teweh, Jumat.

Menurut dia, penyelenggaraan O2SN ini salah satu wadah guna mengapresiasi kebutuhan non akademis siswa yang memiliki bakat dan minat khususnya di bidang olahraga. 

Di mana tujuannya untuk meningkatkan kondisi kesehatan jasmani siswa siswi sehingga dapat menunjang peningkatan kualitas akademis di sekolah, juga bertujuan meningkatkan prestasi siswa di bidang olahraga.

"Saya mengapresiasi dan mendukung serta menyambut baik dengan dilaksanakan kegiatan O2SN jenjang SD/MI dan SMP/MTs tingkat kabupaten Barito Utara tahun ini," kata dia.

Dia mengatakan, kegiatan ini merupakan momen yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak untuk dapat berkreasi, berinovasi, berprestasi, dan berkompetisi secara sehat sekaligus dapat memberikan pengalaman belajar yang baik, belajar bekerja sama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan.  

“Saya berpesan kepada anak-anak peserta O2SN, bertandinglah dengan penuh semangat dan sportivitas untuk menunjukkan prestasi terbaik, terkuat, dan terindah,” kata dia. 

Dirinya juga mengajak kepada juri (wasit) untuk memimpin setiap pertandingan secara profesional, objektif dan menjunjung tinggi norma serta kehormatan juri, dan kepada para pendamping olahraga, mari jadikan momentum ini sebagai sarana evaluasi atas proses pembinaan prestasi anak-anak didik kita untuk lebih baik dan berprestasi.