Diskominfo Palangka Raya terus perkuat penyusunan data geospasial

id bimtek,geospasial,palangka raya,diskominfo,Kalteng,JIG,BIG,Diskominfo,Kalimantan Tengah,Bimtek

Diskominfo Palangka Raya terus perkuat penyusunan data geospasial

Diskominfo Palangka Raya saat memperkuat penyusunan data geospasial di Palangka Raya, Senin (8/7/2024). ANTARA/HO-Diskominfo Palangka Raya.

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah terus memperkuat penyusunan data geospasial yang dilakukan perangkat daerah di lingkungan pemerintah setempat.

"Simpul Jaringan tersebut berfungsi berbagi  data dan informasi geospasial secara nasional. Untuk itu diperlukan penguatan kepada para pihak di dalamnya," kata Pj Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya Achmad Zaini di Palangka Raya, Senin.

Dia menjelaskan, melalui penguatan tersebut, pembangunan Informasi Geospasial dapat dilaksanakan secara sinergi dan terjamin keberadaannya.

"Untuk itu, salah satu upaya itu adalah dengan melakukan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Peningkatan Status Kinerja Simpul Jaringan Informasi Geospasial -JIG- Kota Palangka Raya," kata Zaini.

Kepala Diskominfo Kota Palangka Raya Saipullah menerangkan, sosialisasi tersebut dihadiri 83 peserta dari seluruh perangkat daerah lingkup Pemko Palangka Raya, dan menghadirkan narasumber dari Badan Informasi Geospasial (BIG) berlangsung pada 8-9 Juli 2024.

Dia menambahkan, menurut Perpres Nomor: 27 tahun 2014 tentang Jaringan Informasi Geospasial Nasional mengatakan, setiap lembaga tinggi negara, instansi pemerintah baik pusat maupun daerah, Tentara Nasional Indonesia, dan Kepolisian Negara Republik Indonesia bertugas menjadi simpul jaringan.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya maksimalkan kader posyandu bangun SDM sejak dini

Informasi geospasial adalah data geospasial yang sudah diolah sehingga dapat digunakan sebagai alat bantu dalam perumusan kebijakan, pengambilan keputusan, dan atau pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan ruang kebumian.

“Berdasarkan hal tersebut maka perlu dilakukan sosialisasi dan bimtek ini, sehingga penyelenggaraan simpul jaringan dapat menghasilkan data yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembangunan Kota Palangka Raya,” katanya.

Dia pun berharap Kegiatan Sosialisasi dan Bimtek ini menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang manfaat informasi geospasial dan perannya dalam tata kelola data dalam Simpul Jaringan.

Baca juga: Disdik Palangka Raya terus berupaya tingkatkan fasilitas sekolah

Baca juga: Enam mahasiswa Kehutanan UPR terima beasiswa OCS 2024

Baca juga: Pemkot tingkatkan penataan aset cegah konflik agraria di Palangka Raya