DPUPR Perkim Bartim gusur sampah di TPA Luak Jawuk

id DPUPR Perkim Bartimgusursampah di TPA Luak Jawuk, kalteng, bartim, Barito timur

DPUPR Perkim Bartim gusur sampah di TPA Luak Jawuk

Kepala Dinas PUPR Perkim Barito Timur Yumail  Paladuk memberikan instruksi kepada operator Dozer dalam penataan atau penggusuran sampah di TPA Luau Jawuk Tamiang Layang, Selasa (6/8/2024) sore. ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPR Perkim) melakukan penggusuran sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Luau Benawa.

"Penggusuran sampah ini dilakukan agar TPA Luau Benawa semakin tertata lebih baik," kata Kepala Dinas PUPR Perkim Barito Timur, Yumail Paladuk, di Tamiang Layang, Selasa.

Menurut Yumail, penataan dilakukan karena sampah di TPA tersebut sudah menumpuk hingga menyerupai gunung dengan ketinggian yang bisa melebihi tiga meter. Kondisi ini memerlukan perhatian serius untuk mencegah dampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat sekitar.

Penataan TPA Luau Jawuk ini dilakukan oleh DPUPR Perkim sesuai dengan instruksi Bupati Barito Timur, Indra Gunawan, yang berkomitmen untuk menyelesaikan permasalahan sampah di daerah tersebut.

"Pemerintah berupaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat bagi masyarakat," tambah Yumail.

Baca juga: RSUD Tamiang Layang edukasi masyarakat cegah dan tangani henti jantung

Dalam pengelolaan sampah tersebut, DPUPR Perkim Barito Timur juga akan memberikan pendapat terkait langkah-langkah strategis guna memastikan pengelolaan sampah yang lebih baik di masa mendatang.

Hal ini termasuk peningkatan fasilitas di TPA, dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah, serta kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukung program pengelolaan sampah yang berkelanjutan.

"Masyarakat juga perlu diajak untuk mendukung lebih peduli terhadap masalah sampah, mulai dari pengelolaan sampah rumah tangga hingga mendukung program-program pemerintah dalam menjaga kebersihan lingkungan," kata Yumail.

Dengan upaya penataan dan pengelolaan yang lebih baik, diharapkan TPA  Luau Benawa tidak hanya akan menjadi tempat pembuangan akhir yang lebih tertata, tetapi juga dapat meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Dalam penggusuran sampah di TPA Lauw Benawa, dua alat berat berupa ekskavator dan dozzer dikerahkan untuk menggusur sampah di TPA Luau Jawuk.

Baca juga: Seleksi CPNS Bartim 2024 diumumkan secara online

Baca juga: 87 UMKM binaan pemerintah daerah ramaikan Bartim Expo 2024

Baca juga: Ketua DPRD Bartim ajak masyarakat hargai jasa pendahulu