87 UMKM binaan pemerintah daerah ramaikan Bartim Expo 2024

id 87 UMKM binaan pemerintah daerah ramaikanBartim Expo 2024, kalteng, bartim, Barito timur

87 UMKM binaan pemerintah daerah ramaikan Bartim Expo 2024

Penjabat Bupati Barito Timur, Indra Gunawan membuka secara resmi Bartim Expo dan Pameran UMKM 2024 di Tamiang  Layang, Sabtu (3/8/2024). ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Sekretaris Daerah Barito Timur, Kalimantan Tengah, Panahan Moetar menegaskan komitmen pemerintah daerah setempat terus melakukan pembinaan dan dukungan terhadap pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah setempat, salah satunya melalui kegiatan Bartim Expo 2024.

“Pada Bartim Expo dan UMKM 2024 ini, ada 87 pelaku UMKM binaan yang ikut dan memeriahkan,” kata Sekda Barito Timur sekaligus Ketua Panitia Hari Jadi ke-22 Kabupaten Barito Timur, Panahan Moetar di Tamiang Layang, Sabtu malam.

Menurutnya, selain ada pelaku UMKM binaan, seluruh organisasi perangkat daerah juga mengikuti Bartim Expo 2024 untuk menyampaikan informasi pembangunan daerah yang telah, sedang dan akan dilaksanakan.

Selain itu, tambahnya, ada 40 stan pameran komersil yang ikut serta dalam memeriahkan Bartim Expo. Dengan banyaknya peserta Bartim Ekspo, Panahan berharap perputaran uang di acara Bartim Expo dan UMKM 2024 bisa mencapai di angka Rp2 miliar.

“Batim Expo dan UMKM ini dilaksanakan selama 10 hari. Kita harapkan perputaran uangnya bisa mencapai Rp2 miliar,” kata Panahan.

Baca juga: Ketua DPRD Bartim ajak masyarakat hargai jasa pendahulu

Panahan optimis target tersebut bisa tercapai. Berkaca dari Bartim Expo 2023, perputaran uang mencapai Rp4 miliar. Selain itu, dengan adanya acara hiburan dari artis ibukota dan Kalsel serta lokal, Bartim Expo mendapatkan perhatian dan dikunjungi masyarakat setiap harinya.

Acara Bartim Expo dan UMKM 2024 dibuka secara langsung Penjabat Bupati Barito Timur, Indra Gunawan. Dalam sambutannya, Indra mengajak semua pihak untuk saling mendukung dalam meningkatkan pembangunan di Kabupaten Barito Timur.

Pada kesempatan itu, Indra meminta masyarakat bangga menggunakan produk lokal karena tidak kalah bersaingnya dengan produk lainnya.

“Jadi sudah seharusnya produk-produk UMKM bangkit dan menjadi raja di rumah sendiri,” demikian Indra Gunawan.

Dalam acara pembukaan masyarakat padat di arena Bartim Expo, terlebih lagi acara hiburan yang disuguhkan panitia yakni Bila Amora (Bintang Pantura) yang memikat dan memukau para pengunjung untuk bergoyang.

Baca juga: Pj Bupati Bartim upayakan pembangunan Sehati menuju Gumi Jari Janang Kalalawah

Baca juga: Pemkab Bartim siap gelar peringatan hari jadi ke-22

Baca juga: BNNP Kalteng dukung peningkatan layanan rehabilitasi pecandu narkoba di Bartim