KPU Gunung Mas targetkan partisipasi pemilih 87 persen pada Pemilu 2024

id Komisi Pemilihan Umum, Ketua KPU Gunung Mas, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Elfrinst G Tumon, Gunung Mas, kalteng, gumas

KPU Gunung Mas targetkan partisipasi pemilih 87 persen pada Pemilu 2024

Ketua KPU Kabupaten Gunung Mas Elfrinst G Tumon (tengah) dan anggota lainnya saat rapat koordinasi di Kuala Kurun, belum lama ini. ANTARA/HO-KPU Gunung Mas.

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Elfrinst G Tumon menyatakan bahwa pihaknya menargetkan partisipasi pemilih untuk Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 di daerah setempat dapat mencapai 87 persen.

"Daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024 di daerah ini berjumlah 90.918 pemilih. Target kami partisipasi pemilih bisa mencapai 87 persen," kata Elfrinst G Tumon di Kuala Kurun, Senin.

Berbagai upaya dilakukan demi mencapai target partisipasi pemilih tersebut. Adapun upaya yang dimaksud seperti gencar melakukan sosialisasi kepada pemilih, termasuk sosialisasi ke sekolah-sekolah yang menyasar pemilih pemula.

Sosialisasi tidak hanya dilakukan oleh jajaran KPU Gunung Mas, namun juga petugas ad hoc. Petugas ad hoc yang dimaksud Seperti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Selain sosialisasi tatap muka langsung dengan masyarakat, KPU Gunung Mas juga gencar melakukan sosialisasi dengan menggunakan media sosial. Sosialisasi yang disampaikan tentunya berkaitan dengan kepemiluan.

"Kami berharap sosialisasi ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pemilih tentang tahapan, hak dan kewajiban pada Pemilu 2024, sehingga mereka menggunakan hak pilih pada 14 Februari 2024," kata Elfrinst.

Lebih lanjut, pada pelaksanaan Pemilu 2019 tingkat partisipasi di Gunung Mas terbilang baik. Saat itu tingkat partisipasi pemilih pada pemilihan presiden dan wakil presiden mencapai 79,74 persen, sedangkan tingkat partisipasi pemilih pada pemilihan DPR RI mencapai 78,87 persen.

Baca juga: Miliki gedung SPKT baru, pelayanan Polres Gumas harus lebih baik

Kemudian untuk tingkat partisipasi pada Pemilihan DPD RI mencapai 78,87 persen, tingkat partisipasi pemilih pada pemilihan DPRD provinsi mencapai 78,67 persen, dan tingkat partisipasi pemilih pada pemilihan DPRD kabupaten mencapai 78,62 persen.

"Semoga pada pelaksanaan Pemilu 2024 tingkat partisipasi di Gunung Mas bisa mencapai 87 persen. Kami harap masyarakat yang sudah memiliki hak pilih menggunakan hak pilihnya di TPS pada 14 Februari 2024 mendatang," demikian Elfrinst.

Baca juga: Belasan Puskesmas di Gunung Mas fasilitasi senam bersama petugas pemilu

Baca juga: Pemkab Gumas gencarkan KIE demi peningkatan derajat kesehatan masyarakat

Baca juga: Bupati Gunung Mas minta kades dan Pj kades dengarkan aspirasi masyarakat