Maarten Paes tidak dijamin waktu bermain oleh Shin Tae-yong

id timnas indonesia,Shin Tae-yong,kualifikasi,piala dunia,2026,Maarten Paes

Maarten Paes tidak dijamin waktu bermain oleh  Shin Tae-yong

Kiper milik klub Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat FC Dallas, Maarten Paes saat menjalani pengambilan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, Jakarta Timur, Selasa, (30/4/2024). (ANTARA/Ho/PSSI) (ANTARA/Ho/PSSI)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong tidak menjamin Maarten Paes otomatis dimainkan setelah dipastikan berseragam Merah Putih menjelang babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.


"Walaupun Maarten datang, tidak bisa dijamin seratus persen dia yang akan bermain terus-terusan. Memang pasti menjadi kekuatan yang baik bagi timnas kita. Tetapi ya sama aja, ini dunia persaingan," kata Shin  kepada pewarta di Jakarta pada Jumat.

Kiper FC Dallas di liga Amerika Serikat itu harus tetap bersaing dengan Ernando Ari untuk   memperebutkan posisi penjaga gawang utama. 

Menurut mantan pelatih Korea Selatan itu kehadiran Maarten dalam skuad Garuda akan mempersengit persaingan di tembok terakhir timnas Indonesia yang sudah memiliki Ernando dan Nadeo Argawinata.



Shin menegaskan akan memilih posisi penjaga gawang dengan mempertimbangkan kondisi pemain dan menilai performa mereka ketika melakoni latihan dan saat membela klub.

"Jadi mau Nando, mau Nadeo, siapa pun itu harus bersaing yang baik dan setiap harinya akan berubah kondisi pemain-pemain. Jadi akan melihat kondisi pemain yang terbaik siapa, dia yang akan bermain," kata Shin.

Pelatih timnas itu tengah memantau sejumlah pemain yang akan dipanggil untuk memperkuat Indonesia guna  menjalani laga babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada September.

Indonesia akan mengawali Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan bertandang ke Stadion King Abdullah Sport City di Jeddah untuk menantang Arab Saudi pada 6 September pukul 01.00 WIB, sebelum menjamu Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 10 September.