Enam fraksi DPRD Gunung Mas terbentuk

id dprd gunung mas, ketua sementara dprd gumas, herbet y asin, fraksi dprd gumas, kuala kurun

Enam fraksi DPRD Gunung Mas terbentuk

Ketua Sementara DPRD Kabupaten Gumas Herbet Y Asin. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Ketua Sementara DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Herbert Y Asin menyatakan pihaknya telah melaksanakan rapat pembentukan fraksi-fraksi dan berdasarkan hasil rapat telah terbentuk enam fraksi.
 
“Enam fraksi yang dimaksud adalah Golkar, PDI Perjuangan, Perindo, NasDem, Demokrat, dan Gerakan Nasional,” ucapnya saat memberi keterangan kepada awak media usai memimpin rapat di Kuala Kurun, Senin.
 
Politisi Partai Golkar itu menjelaskan, untuk membentuk fraksi DPRD Gumas diperlukan minimal tiga kursi. Berdasarkan hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, ada tujuh partai politik yang mendapat kursi di DPRD Gumas.
 
Tujuh partai politik yang dimaksud yakni Golkar dan PDI Perjuangan yang sama-sama mendapat enam kursi, Perindo empat kursi, NasDem dan Demokrat sama-sama tiga kursi, Gerindra dua kursi, dan PAN satu kursi.
 
Golkar, PDI Perjuangan, Perindo, Nasdem, dan Demokrat masing-masing memutuskan untuk membentuk fraksi sendiri di DPRD Gumas. Sedangkan Gerindra dan PAN bergabung untuk membentuk fraksi.
 
“Gerindra dan PAN bergabung membentuk fraksi yang dinamai Gerakan Nasional,” terang wakil rakyat dari daerah pemilihan I meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun itu.

Baca juga: Pj Bupati minta keberadaan Bapopsi bisa majukan prestasi olahraga pelajar di Gumas
 
Untuk diketahui, jumlah fraksi DPRD Gumas 2024-2029 saat ini yakni enam fraksi, lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah fraksi DPRD Gumas 2019-2024 yakni lima fraksi.
 
Pada periode 2019-2024, ada sembilan parpol yang memiliki kursi di DPRD Gumas. Sembilan parpol yang dimaksud yakni PDI Perjuangan dengan jumlah tujuh kursi, Golkar enam kursi, Demokrat tiga kursi, NasDem, Gerindra, dan PAN masing-masing dua kursi, serta Hanura, Perindo dan Berkarya masing-masing satu kursi.
 
Adapun susunan fraksi saat itu yakni PDI Perjuangan, Golkar di mana PAN ikut bergabung dengan partai berlambang pohon beringin, Demokrat, NasDem-Hanura, dan Fraksi Gerakan Karya Bersatu yang merupakan gabungan dari Gerindra, Perindo, dan Berkarya.

Baca juga: DPRD Gumas ingatkan kades jaga kondusifitas jelang Pilkada 2024

Baca juga: Bermodal 6.965 suara di pemilu 2024, parpol bisa ajukan paslon di Pilkada Gumas 2024

Baca juga: Pemkab Gumas gerak cepat bantu sekitar 800 kepala keluarga terdampak banjir