Pj Bupati minta keberadaan Bapopsi bisa majukan prestasi olahraga pelajar di Gumas

id Penjabat Bupati Gunung Mas, Pj Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Herson B Aden, Gunung Mas, Gumas, Kalteng, Bapopsi Gunung Mas, pengurus Bapopsi G

Pj Bupati minta keberadaan Bapopsi bisa majukan prestasi olahraga pelajar di Gumas

Sekretaris Bapopsi Kalteng Adi Nur Fajar melantik pengurus Bapopsi Gumas 2024-2028 di Kuala Kurun, Senin (26/8/2024). ANTARA/Chandra.

Kuala Kurun (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Herson B Aden menyambut baik terbentuknya Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (Bapopsi) kabupaten setempat masa bakti 2024-2028.

Terbentuknya Bapopsi Gumas diharapkan dapat ikut bertanggung jawab terhadap kemajuan dan perkembangan olahraga di daerah ini, kata Herson dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setda) Letus Guntur, saat menghadiri pelantikan pengurus di Kuala Kurun, Senin.

"Termasuk proses pembibitan, pembinaan dan pencapaian prestasi olahraga pelajar di kabupaten ini," tambahnya.

Adapun susunan personalia pengurus Bapopsi Gumas 2024-2028 sebagai pelindung/pembina yakni Bupati dan Wakil Bupati, penasehat Sekretaris Daerah dan Ketua Umum Koni. Sebagai Ketua Umum adalah Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) (ex officio) yakni Aprianto, Wakil Ketua I Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah Yantrio Aulia, Wakil Ketua II Kepala Badan Keuangan Aset dan Daerah Hardeman, dan Wakil Ketua III Sekretaris Disdikpora Osner Sagala.

Sebagai Sekretaris yakni Budi Arjuna, Wakil Sekretaris Rusmandi Fernando, Bendahara Yessie Rianti. Selain itu ada juga bidang-bidang seperti bidang pembinaan prestasi, bidang pendidikan dan pelatihan, bidang penelitian dan pengembangan, serta bidang umum/sekretariat.

"Bapopsi merupakan organisasi olahraga fungsional anggota KONI, yang di mana dalam setiap kegiatannya diharap selalu berkoordinasi dengan KONI dan Disdikpora Gumas, dalam menentukan program-program kegiatan," ucapnya.

Baca juga: DPRD Gumas ingatkan kades jaga kondusifitas jelang Pilkada 2024

Apalagi, lanjut dia, Bapopsi mempunyai tujuan mewujudkan prestasi olahraga pelajar, membangun watak, mengangkat harkat dan martabat, kehormatan bangsa, dan ikut serta mempererat sekaligus membina persatuan dan kesatuan bangsa.

Fungsi dari Bapopsi yakni membina pertumbuhan dan perkembangan kegiatan olahraga pelajar, meningkatkan kegiatan pembibitan olahragawan pelajar berbakat, serta menunjang pencapaian prestasi olahraga nasional.

Untuk diketahui, pelantikan dilakukan oleh Sekretaris Bapopsi Kalteng Adi Nur Fajar. Dia mengingatkan kepada pengurus Bapopsi Gumas agar menjalin sinergi yang baik dengan seluruh pihak, supaya organisasi dapat berjalan dengan baik.

Baca juga: Pemkab Gumas gerak cepat bantu sekitar 800 kepala keluarga terdampak banjir

Baca juga: Gerakan Pangan Murah terus digencarkan di Kabupaten Gunung Mas

Baca juga: Pemkab Gumas-Kejari kerja sama tangani hukum bidang perdata dan TUN