Legislator Kalteng ingatkan pelayanan kesehatan harus lebih merata

id DPRDKalimantan Tengah, Okki Maulana, DPRDKalteng, Kalteng, Kalimantan Tengah

Legislator Kalteng ingatkan pelayanan kesehatan harus lebih merata

Anggota DPRD Kalimantan Tengah, Okki Maulana. ANTARA/HO.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kalimantan Tengah, Okki Maulana mengingatkan sekaligus menekankan bahwa pelayanan kesehatan yang baik dan merata, merupakan hak seluruh masyarakat, tanpa terkecuali.

Pemerintah dari tingkat pusat hingga desa memiliki peran penting dalam memperjuangkan akses kesehatan yang lebih baik, kata Okki Maulana di Palangka Raya, Selasa.

"Kami harapkan juga dapat mengalokasikan anggaran yang cukup untuk sektor kesehatan di daerah Kalteng," tambahnya.

Politisi muda ini meminta agar para tenaga medis untuk membantu membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan, sehingga lingkungan menjadi nyaman dan jauh dari penyakit.

Hal tersebut dikarenakan hingga saat ini masih banyak masyarakat yang masih kurang memperhatikan kebersihan serta pola hidup yang sehat.

"Dibutuhkan peran aktif tenaga medis dalam memberikan edukasi kepada masyarakat. Karena petugas kesehatan bisa mendatangi langsung masyarakat dari rumah ke rumah," ucapnya.

Okki menyarankan agar pemerintah dapat membangun lebih banyak fasilitas kesehatan di daerah Kalteng, mengingat di beberapa daerah masih jauh dari pelayanan kesehatan.

Baca juga: DPRD Kalteng percepat pembentukan AKD dan tatib

Selama ini, masih ada masyarakat yang harus menempuh jarak yang yang jauh hanya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, sementara puskesmas di daerah belum dilengkapi dokter-dokter dari berbagai spesialis.

"Perlu adanya pengembangan rumah sakit yang ada dengan menambah jumlah kamar, peralatan medis yang lebih lengkap, dan fasilitas penunjang lainnya," ujarnya.

Pengembangan program pelayanan kesehatan yang lebih terintegrasi dinilai akan menjadi sangat penting, hal ini menurutnya dimaksudkan agar masyarakat yang membutuhkan bisa mendapatkan memenuhi kebutuhan atas kesehatannya secara mudah dan terpenuhi secara menyeluruh.Dengan pelayanan kesehatan yang merata hal tersebut diyakini dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan kuat di Kalteng.

"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk turut ambil bagian dalam memperjuangkan akses kesehatan yang lebih baik di daerah Kalteng," demikian Okki.


Baca juga: Jabat Ketua Sementara DPRD Kalteng, Arthon minta tufoksi harus diejawantahkan secara baik

Baca juga: Sekretariat terus matangkan persiapan pelantikan anggota DPRD Kalteng periode 2024-2029