Partisipasi Rudini-Paisal di Pilkada Kotim wakili aspirasi kaum muda

id Partisipasi Rudini-Paisal di Pilkada Kotim diharapkan wakili aspirasi kaum muda, kalteng, Rudini-Paisal, Rudini, politik, pikada kotim, Sampit, kotim

Partisipasi Rudini-Paisal di Pilkada Kotim wakili aspirasi kaum muda

Indra Ramadhani, salah seorang pemuda Kotim sambut baik adanya perwakilan pemuda pada Pilkada 2024, Jumat (6/9/2024). ANTARA/Devita Maulina.

Sampit (ANTARA) - Partisipasi dua politisi muda Muhammad Rudini Darwan Ali-Paisal Damarsing (RuPa) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah 2024 mendapat sambutan positif dari generasi muda. 

“Adanya kontribusi pemuda dalam kontestasi kepemimpinan itu bagus. Kami yakin dengan semangat juang pemuda bisa mewakili aspirasi dari kawula muda,” kata salah seorang pemuda di Kotim, Indra Ramadhani di Sampit, Jumat. 

Menurut Ketua BEM di Universitas Darwan Ali (Unda) Sampit ini, selama tidak menyalahi aturan dan sportif dalam pendaftaran maka adanya kandidat pemuda dalam pesta demokrasi adalah suatu hal yang baik. 

Kalangan muda biasanya memiliki semangat juang yang lebih besar dan hal itu memang dibutuhkan dalam pembangunan suatu daerah. 

Pemimpin dari kalangan muda juga diharapkan bisa lebih akrab dengan generasi muda. Dengan begitu, generasi muda pun bisa lebih mudah menyampaikan aspirasi yang mungkin bisa bermanfaat bagi kemajuan daerah. 

“Sebagai kalangan pemuda, kami siap menjadi perantara. Khususnya, di lingkungan masyarakat yang selama ini ada dikeluhkan,” ucapnya. 

Adanya perwakilan pemuda dalam perpolitikan juga diharapkan bisa menjadi good influence atau pengaruh baik bagi kalangan muda lainnya untuk mau peduli atau terjun ke dunia politik. 

Dewasa ini, pemuda tidak boleh cuek dan buta terhadap politik. Pemuda juga harus paham terhadap politik, agar bisa ikut mengawal dan mengawasi perpolitikan di daerah khususnya Kotim, demi Kotim yang lebih maju. 

Baca juga: Raih penghargaan Tereplikatif ISPS, Bupati Kotim semakin termotivasi tangani stunting

“Tapi harus ditekankan juga, bahwa pemuda harus bijak dan bisa menjalankan amanah sesuai dengan apa visi misinya bukan hanya aktif saat mencalon saja,” tegasnya. 

Kendati demikian, bukan berarti kandidat lainnya buruk di mata pemuda satu ini. Menurut Indra setiap kandidat tentu punya kelebihan masing-masing. 

Namun, ia harap siapapun yang terpilih menjadi pemimpin Kotim periode berikutnya bisa membawa daerah lebih baik dan maju dari yang saat ini. 

Rudini-Paisal merupakan bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kotim yang siap bertarung di Pilkada Kotim 2024.

Jika dibandingkan dengan dua Pasangan calon lain peserta Pilkada Kotim 2024, Rudini-Paisal memang merupakan pasangan paling muda. Keduanya kebetulan sama-sama lahir pada 1986.

Faktor usia diyakini menjadi daya tarik tersendiri bagi pasangan ini, khususnya untuk menggaet pemilih dari kaum pemuda yang potensinya sekitar 30 persen dari jumlah pemilih di Kotim. 

Meski, pasangan paling muda Rudini-Paisal sudah berpengalaman di dunia politik. Rudini merupakan Ketua DPD PAN Kotim, sedangkan Paisal adalah politisi PDIP yang masih menjabat sebagai Ketua PAC PDIP Cempaga Hulu. 

Keduanya sama-sama pernah mendapat amanah rakyat untuk menjadi anggota DPRD setempat. Meski hanya diusung satu partai politik yakni PAN, Rudini-Paisal bersama pendukungnya optimis bisa memenangkan pilkada kali ini.

Baca juga: Bapenda Kotim sebut realisasi pendapatan 2024 sudah Rp1,24 triliun

Baca juga: DPRD Kotim berharap konsistensi pelayanan dan tarif tiket penerbangan

Baca juga: Disdik Kotim: Pemenang Gupres disiapkan mengikuti lomba tingkat provinsi