Disdik Kotim: Pemenang Gupres disiapkan mengikuti lomba tingkat provinsi

id Disdik Kotim: Pemenang Gupres disiapkan mengikuti lomba tingkat provinsi, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, pendidikan, disdik kotim, Irfans

Disdik Kotim: Pemenang Gupres disiapkan mengikuti lomba tingkat provinsi

Foto bersama jajaran Disdik Kotim dengan pemenang lomba gupres tingkat kabupaten, Kamis (29/8/2024). ANTARA/HO-Disdik Kotim

Sampit (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) merilis daftar pemenang lomba Guru Berprestasi (Gupres) tingkat kabupaten yang nantinya dipersiapkan untuk mengikuti ajang serupa di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

“Dari 41 peserta Gupres kabupaten, kami menyeleksi 15 pemenang meliputi juara satu, dua dan tiga. Bagi para pemenang nanti akan diadakan penguatan baik secara dari maupun luring, sambil menunggu jadwal dari provinsi,” kata Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Disdik Kotim Edie Sucipto di Sampit, Kamis. 

Disdik Kotim telah menggelar lomba Gupres tingkat kabupaten yang diikuti 41 peserta. Mulai jenjang TK terdiri atas tiga guru dan empat kepala sekolah, SD 15 guru dan tujuh kepala sekolah dan SMP delapan guru dan empat kepala sekolah. Selain itu, sekitar 20 orang terpaksa ditolak lantaran kuota peserta sudah terpenuhi. 

Lomba Gupres merupakan agenda tahunan yang digelar secara berjenjang, mulai dari kabupaten/kota, provinsi hingga nasional. Kegiatan ini adalah sebuah kompetisi yang bertujuan untuk menilai kinerja guru maupun kepala sekolah. 

Lomba juga ini dapat menjadi wadah untuk menggali produktivitas, kreativitas, dan inovasi guru maupun kepala sekolah. Sekaligus, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para tenaga kependidikan.

Dalam perlombaan ini mereka akan menyajikan karya tulis ilmiah, praktik dan menjawab soal esai maupun pilihan ganda yang berkaitan dengan kompetensi pedagogik dan profesionalisme.

“Manfaat secara umum dari ajang ini adalah memberikan ruang bagi tenaga kependidikan untuk mengeksplor kepandaian dan keterampilan atau skill yang dimiliki,” ujarnya.

Menurutnya, hasil penilaian dari para guru maupun kepala sekolah di Kotim sejauh ini sudah cukup bagus. Terbukti, pada 2019 Kotim berhasil meraih juara umum lomba guru dan kepala sekolah berprestasi tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

Disamping itu, pada 2023 lalu Kotim berhasil mengirimkan lima perwakilan mengikuti ajang Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan tingkat nasional dan dua di antaranya berhasil meraih juara.

Baca juga: Gencarkan pemerataan pendidikan, Pemkab Kotim resmikan empat bangunan SD

Untuk itu, melalui seleksi yang dilakukan sebaik-baiknya pihaknya menargetkan ada perwakilan Kotim yang kembali tembus ke tingkat nasional dan setidaknya bisa membawa punyai tiga penghargaan juara satu.

“Tentunya kami mengharapkan hasilnya terbaik, bahkan semoga bisa juara umum,” pungkasnya.

Sementara itu, daftar pemenang lomba Gupres tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur 2024 sebagai berikut;

Jenjang pendidikan TK kategori kepala sekolah, juara 1 Siti Sri Dewi dari TK Melati, juara 2 Nana Handayana dari TK Aisyiyah 2 dan juara 3 Norholis dari TK Nurul Ilmiyah. 

Jenjang pendidikan SD kategori kepala sekolah, juara 1 Nur Ali dari SDS Tunas Agro, juara 2 Edy Pranatha dari SDN 2 Karang Tunggal dan juara 3 Artono dari SDN 1 Tumbang Getas. Kategori guru, juara 1 Kurnia Pranita dari SDIT Arafah, juara 2 Riski Periaskianasari dari SDS Cita Bunda dan juara 3 Muhammad Muamar Rahman dari SDN 5 Mentaya Seberang.

Jenjang pendidikan SMP kategori kepala sekolah, juara 1 Noordiana dari SMPN 2 Satap Baamang, juara 2 Djoko Susilo dari SMPN 3 Parenggean dan juara 3 Muhammad Dzikron dari SMPS Tunas Agro. Kategori guru, juara 1 Nur Safiyah dari SMPN 2 Sampit, juara 2 Dwi Arini dari SMPN 3 Sampit dan juara 3 Nur Aina dari SMPN 2 Teluk Sampit.

Edie menambahkan, jika berpedoman pada petunjuk teknis (juknis)tahun lalu yang dikirimkan untuk mengikuti lomba Gupres tingkat provinsi hanya juara 1 dari masing-masing kategori, namun untuk saat ini belum ada petunjuk teknis dari provinsi.

“Informasi sementara lomba tingkat provinsi digelar September ini, tapi jadwal pastinya belum keluar. Kemudian pemenang lomba tingkat provinsi akan dikirimkan ke tingkat nasional,” demikian Edie.

Baca juga: Disdik Kotim berikan uang pembinaan bagi pelajar berprestasi di O2SN

Baca juga: Disdik Kotim gelar lomba guru berprestasi untuk gali potensi

Baca juga: Disdik Kotim bagikan laptop, SKB dan PKBM sangat terbantu