Pj Bupati Sukamara ajak generasi muda semangat bangun sektor pertanian

id pemkab sukamara, pj bupati sukamara rendy lesmana, petani milenial, petani muda, pertanian sukamara, ketahanan pangan

Pj Bupati Sukamara ajak generasi muda semangat bangun sektor pertanian

Penjabat Bupati Sukamara Rendy Lesmana (tengah). (sukamara)

Sukamara (ANTARA) -
Penjabat Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah Rendy Lesmana mengatakan, semangat petani muda di wilayah setempat harus terus dikuatkan untuk meningkatkan ketahanan pangan.
 
"Ketahanan pangan ini sangat penting untuk suatu wilayah, karena itu saya mengajak para petani muda di wilayah ini kembali bersemangat," ucapnya saat panen buah melon di demplot milik pemkab di kawasan Taman Permata Sukma (eks PEDA), Selasa.
 
Menurut Rendy, panen yang dilakukan pihaknya merupakan salah satu contoh keberhasilan dalam bertani yang dikelola Dinas Pertanian. Dijelaskan juga, buah melon tersebut hanya satu dari sebagian komoditi yang ada di demplot.
 
"Kita ingin menunjukkan kepada para petani muda kita bahwa hal ini bisa menjadi contoh yang sangat baik, agar kembali bersemangat dalam mengelola lahan pertanian," harap Rendy.
 
Rendy menyampaikan, pertanian sangat penting. Seperti yang dikutipnya dari sebuah kata bijak yakni tidak ada petani maka tidak ada makanan, maka akan tidak ada masa depan yang cerah.
 
"Ke depan, rencananya kita akan memperluas demplot ini dengan harapan sejumlah komoditi lainnya bisa ditambah lebih banyak lagi," jelas Rendy.

Baca juga: Panen perdana udang vaname Shrimp Estate Berkah memuaskan
 
Ia menerangkan, demplot yang terletak di Taman Permata Sukma ini akan menjadi lahan percontohan yang juga menghasilkan nilai ekonomis bagi para penyuluh dan petani.
 
"Selain di demplot ini, pemerintah daerah juga membangun green house di Desa Kartamulia yang dikhususkan untuk tanaman cabai, karena melihat dari hasil pantauan di pasaran harga cabai ini sangat fluktuatif dan menjadi salah satu bahan pokok penyumbang inflasi juga selain beras" jelasnya.
 
Dia menjelaskan dibangunnya green house khusus untuk tanaman cabai ini, agar tidak terganggu dengan kondisi cuaca yang panas maupun hujan.

"Semoga ini menjadi berkah bagi kita semua serta menjadi semangat bagi para petani dan Kabupaten Sukamara semakin baik," tutupnya.

Baca juga: Pemkab Sukamara ingin pelaku usaha perikanan semakin kreatif

Baca juga: Pemkab Sukamara ingin pelaku usaha perikanan semakin kreatif

Baca juga: Hadapi puncak kekeringan, Pemkab Sukamara tingkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan