DPMD Kapuas dukung program Desa Cinta Statistik

id DPMD Kapuas dukung program Desa Cinta Statistik, kalteng, Kapuas, bps

DPMD Kapuas dukung program Desa Cinta Statistik

Suasana rapat koordinasi rencana pembentukan program desa cinta statistik Kabupaten Kapuas tahun 2024, di aula ruang rapat Bupati Kapuas, Rabu (11/9/2024). ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, memberikan dukungan terhadap pelaksanaan program pembinaan statistik sektoral Desa Cinta Statistik atau Desa Cantik tahun 2024.

“Kami sangat mendukung dan berharap melalui program ini nanti dapat dibentuk agen-agen statistik sampai ke tingkat desa, sehingga nantinya akan dapat menghasilkan data yang valid, berkualitas dan realebel yang dapat diandalkan,” kata Kepala DPMD Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan di Kuala Kapuas, Rabu.

Kegiatan ini diharapkan nantinya dapat menjadi basis data utama bagi pemerintah desa maupun pemerintah daerah dalam menyusun program kebijakan yang lebih tepat sasaran dan akan lebih mengarah kepada pemecahan permasalahan-permasalahan yang dihadapi pemerintah desa maupun pemerintah daerah secara keseluruhan.

Hal ini disampaikan mantan Kepala Dinas Sosial kabupaten setempat ini, setelah menghadiri rapat koordinasi terkait program pembinaan statistik sektoral Desa Cinta Statistik atau Desa Cantik tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kapuas di Aula Rapat Kantor Bupati Kapuas, Jalan Pemuda Kuala Kapuas.

Sementara itu, Kepala BPS Kabupaten Kapuas,  Ahmad Nasrullah, menjelaskan, program yang digagas oleh pihaknya ini dalam rangka pembinaan desa terkait data statistik yang ada di desa setempat.

Baca juga: Pemkab serahkan bantuan dua ambulans untuk Pemdes Bentuk Jaya

“Tahun ini kami menargetkan di 12 desa dan satu kelurahan di Kecamatan Kapuas Barat dulu (program desa cantik). Mudah-mudahan nanti kedepannya kita bisa mengembangkan kecamatan-kecamatan lainnya, mungkin nanti bisa Pulau Petak, Kapuas Hilir, Basarang atau Kecamatan Selat,” kata Ahmad Nasrullah.

Data-data yang dikumpulkan oleh desa nanti mempunyai kualitas yang baik, yang memenuhi standar satu data Indonesia (SDI) dan ini bisa  dimanfaatkan  untuk rencana pembangunan di desa.

“Dan tentunya juga untuk mendukung OPD-OPD dalam pengumpulan data untuk pembangunan Kabupaten Kapuas secara umumnya,” jelasnya.

Program Desa Cantik tahun 2024 dirancang secara umum bertujuan untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa atau kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik.

Selain itu, tambahannya, standarisasi pengelolaan data statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik, optimalisasi penggunaan dan manfaat data statistik sehingga program pembangunan di desa atau kelurahan tepat sasaran.

Baca juga: Pemerintah perkuat partisipasi pegiat desa dalam pembangunan di Kapuas

Baca juga: DPMD Kapuas bahas implementasi penataan ruang desa partisipatif

Baca juga: Legislator Kapuas dukung pembangunan Mal Pelayanan Publik