PLN-Bank Raya Indonesia sinergi kemudahan pembayaran listrik pelanggan

id pln kalselteng, bank rata indonesia, bri, bumn, perusahaan listrik negara

PLN-Bank Raya Indonesia sinergi kemudahan pembayaran listrik pelanggan

PLN-Bank Raya Indonesia sinergi kemudahan pembayaran listrik. (ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
PLN Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Tengah (UID Kalselteng) resmi menjalin kerja sama dengan PT Bank Raya Indonesia Tbk untuk memberikan kemudahan pembayaran tagihan listrik bagi para pelanggan.
 
"Melalui kemitraan ini, pelanggan kelistrikan di Kalselteng kini dapat memanfaatkan fasilitas dana talangan dari PT Bank Raya Indonesia untuk memastikan pembayaran tagihan listrik secara tepat waktu," kata General Manager PLN UID Kalselteng Ahmad Syauki, melalui pernyataan yang diterima di Palangka Raya, Sabtu.
 
PT Bank Raya Indonesia merupakan anggota dari BRI Group dalam program Empowering Payment Solution. Ahmad mengatakan, penandatangan nota kesepahaman antara keduanya menjadi kolaborasi strategis pertama di Kalimantan yang menyasar solusi pembiayaan bagi pelanggan dalam mengelola tantangan arus kas.
 
“Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terwujudnya Empowering Payment Solution," katanya.
 
Dia menerangkan, program ini memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk membayar tagihan listrik tepat waktu, menghindari denda keterlambatan maupun pemutusan layanan.
 
Ia juga menekankan bahwa inisiatif ini tidak hanya bermanfaat bagi pelanggan, tetapi juga bagi PLN. Program ini selaras dengan Digital Moonshot, bagian dari transformasi PLN, yang memungkinkan berbagai aktivitas dilakukan secara digital, termasuk dalam hal pembayaran listrik.
 
"“Kerja sama ini mempercepat penerimaan pembayaran, memberikan kepastian lebih dini bagi PLN, sementara PT Bank Raya Indonesia Tbk. dapat memperluas jaringan mitra. Ini mendukung efisiensi dan kenyamanan pelanggan di era digital saat ini,” tambahnya.
 
Kepala Departemen Digital Sales & Partnership PT Bank Raya Indonesia Tbk Gabriel Hendra Kurniawan menjelaskan pentingnya kolaborasi ini bagi semua pihak baik PLN, Bank Raya Indonesia maupun pelanggan PLN itu sendiri.
 
“Kami senang dapat bekerja sama dengan PLN untuk memberikan solusi atas masalah arus kas yang sering kali tidak sejalan dengan periode tagihan listrik bulanan. Fasilitas dana talangan ini akan sangat membantu pelanggan agar tidak mengalami keterlambatan pembayaran,” kata Gabriel.

Baca juga: PLN UID Kalselteng: Pengguna REC tembus 50 ribu unit
 
Group Head Divisi Digital Sales & Partnership PT Bank Raya Indonesia Dame Sondang menambahkan, mereka memiliki keunggulan mereka sebagai bank digital yang memberikan kemudahan akses.
 
“Sebagai bank digital, Bank Raya Indonesia menawarkan solusi pembiayaan yang fleksibel. Bunga yang kami tawarkan lebih rendah dibandingkan denda keterlambatan PLN, sehingga memberikan keuntungan lebih bagi pelanggan,” ujar Dame.
 
Selain itu, kerja sama ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan pelayanan PLN kepada seluruh pelanggan. Dengan dukungan dana talangan, pelanggan akan lebih mudah mengelola keuangan mereka, dan PLN dapat terus fokus pada peningkatan layanan dan keandalan pasokan listrik.

Baca juga: Distribusi listrik untuk pertandingan venue PON XXI Aceh-Sumut dipastikan aman

Baca juga: Dukung berkembangnya UMKM, Srikandi PLN UID Kalselteng kunjungi Kampung Purun

Baca juga: PLN dukung konsep Eco Airport Bandara Syamsuddin Noor