Dukung berkembangnya UMKM, Srikandi PLN UID Kalselteng kunjungi Kampung Purun

id srikandi pln uid kalselteng, hari pelanggan nasional, perusahaan listrik negara, pelaku umkm kampung purun al firdaus, banjarbaru, kalsel

Dukung berkembangnya UMKM, Srikandi PLN UID Kalselteng kunjungi Kampung Purun

Ketua Kelompok perajin Kampung Purun Al Firdaus, Siti Mariana saat membuat tas dari anyaman purun disaksikan oleh Srikandi PLN UID Kalselteng. (ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
Dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada Rabu (4/9), Srikandi PLN UID Kalselteng melakukan kunjungan ke pelaku UMKM yang merupakan mitra binaan PLN di Kampung Purun, Banjarbaru.
 
Melalui pernyataan yang diterima di Palangka Raya, Jumat diterangkan, kegiatan ini dipimpin Senior Manager Perencanaan PLN UID Kalselteng Diah Puspita, bersama Ketua Srikandi PLN UID Kalselteng Astri Rahma Wijayanti serta anggota Srikandi lainnya.
 
"Kegiatan ini merupakan wujud nyata komitmen PLN dalam mendukung pengembangan UMKM lokal serta mempererat hubungan dengan pelanggan setia," kata Diah Puspita.
 
PLN sangat menghargai dan mendukung penuh upaya para pelaku UMKM dalam menggerakkan roda perekonomian, terutama di masa-masa yang penuh tantangan ini.
 
"Kunjungan kami hari ini merupakan bentuk apresiasi kepada para pelaku usaha yang telah mempercayakan PLN sebagai penyedia listrik yang andal dan berkualitas,” ujar Diah.
 
Kampung Purun di Kelurahan Palam, Banjarbaru dikenal dengan produk anyaman purunnya yang khas. Dalam kunjungan ini, para Srikandi PLN berinteraksi langsung dengan perajin, mendengarkan kebutuhan dan harapan mereka terkait pelayanan listrik.

Baca juga: PLN dukung konsep Eco Airport Bandara Syamsuddin Noor
 
Selain itu, Srikandi PLN juga menyempatkan diri untuk melihat proses produksi anyaman purun yang dilakukan oleh Ibu Siti, salah satu perajin di Kampung Purun, sembari berdialog tentang kebutuhan listrik yang mendukung keberlangsungan usaha mereka.
 
Diah Puspita menyatakan bahwa masukan dari pelanggan sangat penting bagi PLN untuk terus meningkatkan kualitas layanan.
 
Pihaknya ingin memastikan bahwa setiap pelanggan PLN, termasuk para pelaku UMKM, merasa puas dengan pelayanan yang telah berikan.
 
"Melalui dialog dan kunjungan seperti ini, kami bisa lebih dekat dengan pelanggan dan memahami kebutuhan mereka secara lebih mendalam,” tambah Diah.
 
Astri Rahma Wijayanti juga menyampaikan bahwa PLN memiliki kanal-kanal transaksi dan laporan yang akurat serta transparan seperti Aplikasi PLN Mobile.
 
“Para warga disini bisa memanfaatkan fasilitas Aplikasi PLN Mobile dalam segala transaksi kelistrikan maupun masalah pengaduan. Semuanya akan dilayani dengan cepat dan akurat oleh petugas PLN. Selain itu, lewat PLN Mobile ini pembayaran lebih akuntabel dan terpercaya” papar Astri.

Baca juga: PLN akan ganti 800 PLTU dengan PLTG guna capai emisi nol
 
Ketua Kelompok perajin Kampung Purun Al Firdaus, Siti Mariana mengapresiasi kunjungan Srikandi serta kemajuan layanan PLN yang sudah ia rasakan saat ini.
 
“Kebetulan kami sudah memiliki Aplikasi PLN Mobile dan alhamdulillah benar-benar sangat cepat reaksinya,” ujar Siti
 
Ia sangat berterima kasih atas perhatian dan dukungan yang diberikan oleh PLN untuk kemajuan kelompok usahanya.
 
“Terima kasih atas support PLN saat ini. Bagi kami listrik sangat berperan penting dalam menjaga kelancaran produksi. Harapannya pelayanan yang sudah sangat bagus ini terus berlanjut.” pungkas Siti.
 
Melalui kegiatan ini, PLN UID Kalselteng berharap dapat terus mempererat hubungan dengan pelanggan, terutama pelaku UMKM yang menjadi mitra penting dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Baca juga: PLN gelar upskilling petugas frontliner di peringatan Harpelnas 2024

Baca juga: PLN UID Kalselteng resmikan Bung Tara Station sambut HPN 2024

Baca juga: PLN UID Kalselteng nyalakan 12.199 rumah keluarga prasejahtera lewat BPBL dalam lima tahun