PLN gelar upskilling petugas frontliner di peringatan Harpelnas 2024

id PLN Kalimantan Selatan, PLN Kalimantan Tengah, PLN UID Kalselteng, PLN Kalselteng, Harpelnas 2024

PLN gelar upskilling petugas frontliner di peringatan Harpelnas 2024

Foto bersama seluruh peserta Upskilling "Frontliner PLN Goes To HEART Services" yang melibatkan 33 petugas Frontliner Unit Layanan se Kalselteng. ANTARA/HO-PLN Kalselteng.

Palangka Raya (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UID Kalselteng) menggelar upskilling bagi petugas Frontliner dari seluruh Unit Layanan Pelanggan (ULP) se-Kalselteng, dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) 2024.

Executive Vice President Penjualan dan Pelayanan Pelanggan Retail PT PLN (Persero), Daniel Lestanto melalui sambungan zoom meeting dari Jakarta, Rabu, mengapresiasi inisiatif ini sebagai langkah strategis dalam memperkuat pelayanan PLN di seluruh Kalsel dan Kalteng

"Dengan Upskilling ini, saya yakin para Frontliner akan lebih siap dan kompeten dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan," ucapnya.

Adapun kegiatan upskilling yang mengangkat tema 'Frontliner PLN Goes To Heart Services' tersebut menekankan tentang pelayanan yang humble, educated, agile, responsive dan trusty, serta digelar selama dua hari sejak 29-30 Agustus 2024, di Unit Pelaksana Pendidikan dan Pelatihan (UPDL) Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan pelanggan, PLN melibatkan 33 petugas Frontliner untuk mengikuti pelatihan intensif yang menghadirkan para narasumber yang ahli di bidang pelayanan seperti Petra Angga Damisi, Area Operation and Service Manager PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Wilayah Kalimantan, Wardiah dan Fitri Ferina Regional Service Quality Officer PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Banjarmasin, serta Melly Rahmadani, Kinerja Agent pada seksi CSO Quality Assurance PT PLN Icon Plus.

Sementara itu, General Manager PLN UID Kalselteng, Ahmad Syauki, juga memberikan dukungannya terhadap pelaksanaan upskilling bagi petugas Frontliner tersebut.

Menurut dirinya, frontliner merupakan ujung tombak dari seluruh pelayanan yang kami berikan, untuk itu dengan pelatihan ini, dirinya berharap kemampuan petugas frontliner semakin terasah dan dapat diterapkan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

"Terlebih dalam mendukung visi perusahaan untuk menjadi Perusahaan Global Top 500 serta nomor satu pilihan pelanggan untuk solusi energi," ujarnya.

Baca juga: PLN UID Kalselteng resmikan Bung Tara Station sambut HPN 2024

Dikatakan, dalam pelatihan tersebut, Area Operation and Service Manager PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Wilayah Kalimantan, Petra Angga Damisi menekankan bahwa sangat penting meningkatkan skill Frontliner, sebab mereka adalah wajah dari perusahaan atau organisasi.

"Seluruh transaksi pelanggan berawal dari interaksi dengan Frontliner. Perlu dipastikan bahwa setiap petugas mampu memenuhi ekspektasi pelanggan dan mempertahankan citra positif perusahaan," paparnya.

Kemajuan teknologi saat ini mengharuskan seluruh pelayanan untuk bertransformasi menuju digital, sehingga para Frontliner pun harus siap. Segala bentuk pelayanan, baik atau buruk, dapat dengan mudah tersebar melalui kanal media sosial, sehingga petugas harus berupaya untuk menerapkan Ultimate Service.

"Ultimate Service adalah nilai dalam melayani yang membuat pelanggan sangat puas, menerima banyak kejutan, menyentuh hati, dan terikat secara emosional, sehingga mereka akan menceritakan kehebatan dari pelayanan yang mereka terima," tuturnya.

Baca juga: PLN UID Kalselteng nyalakan 12.199 rumah keluarga prasejahtera lewat BPBL dalam lima tahun

Di hari kedua, Kinerja Agent pada seksi CSO Quality Assurance PT PLN Icon Plus, Melly Rahmadani memberikan materi tentang pentingnya penerapan standar PS4 (Perilaku, Sikap, Senyum, Salam, dan Sapa) dalam setiap interaksi dengan pelanggan. 

Dirinya mengungkapkan bahwa PS4 adalah standar yang diterapkan oleh PLN untuk memastikan kepatuhan terhadap Standard Operational Procedure (SOP) yang telah ditentukan.

"PS4 tidak hanya menjadi pedoman teknis, tetapi juga mencerminkan komitmen PLN dalam memberikan pelayanan yang ramah dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan," jelasnya.

Pada penutupan kegiatan, Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN UID Kalselteng, Agus Tri Suardi memberi pesan kepada seluruh peserta agar menerapkan semua ilmu yang sudah didapat selama pelaksanaan. PLN akan terus melakukan Upskilling kepada seluruh Frontliner secara rutin dan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan.

"Frontliner PLN akan siap menerapkan ilmu yang didapatkan selama pelatihan, dengan harapan akan meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap layanan kelistrikan di wilayah Kalselteng," demikian Agus Tri.

Baca juga: PLN UID Kalselteng perkuat sinergi dengan Polda Kalsel

Baca juga: YBM-Srikandi PLN salurkan bantuan MIS Darul Huda di Kapuas

Baca juga: PLN cetak SDM unggul bidang otomotif di Desa Dirung Koram