PLN UID Kalselteng resmikan Bung Tara Station sambut HPN 2024

id PLN UID Kalselteng resmikan Bung Tara Station sambut HPN 2024, kalteng, pln, ekonomi, listrik

PLN UID Kalselteng resmikan Bung Tara Station sambut HPN 2024

Senior Manager Distribusi, Sugeng Hidayat (memegang gunting, kanan) dan Penjabat Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru, Nurliani Dardie (memegang gunting, kiri) didampingi oleh jajaran manajemen PLN Grup, meresmikan Bung Tara (Penyambungan Sementara) Station di Lapangan dr Murdjani Banjarbaru pada Jum'at (30/8/2024). ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng

Palangka Raya (ANTARA) - Menyambut Hari Pelanggan Nasional (HPN) 2024, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN UID Kalselteng) meresmikan fasilitas terbaru berupa Penyambungan Sementara atau Bung Tara Station dan menjadi yang pertama di Indonesia.

"Fasilitas ini berlokasi di Lapangan dr. Murdjani Banjarbaru. Merupakan titik penyambungan sementara untuk memenuhi kebutuhan daya listrik dalam berbagai acara besar di area tersebut yang disediakan oleh PLN," kata Senior Manager Distribusi, Sugeng Hidayat melalui pernyataan yang diterima di Palangka Raya, Jumat.

Dia menerangkan, kehadiran Bung Tara Station adalah bukti komitmen PLN dalam mendukung kelancaran berbagai kegiatan publik dengan suplai listrik yang ramah lingkungan dan andal.

“Fasilitas pertama dibangun oleh PLN dan yang pertama di Indonesia ini diharapkan dapat menjadi standar baru dalam penyelenggaraan acara di tempat-tempat keramaian di mana pun,” kata Sugeng.

Dia mengatakan, lapangan dr Murdjani adalah pusat kegiatan di Banjarbaru dengan frekuensi acara yang sangat tinggi. PLN hadir untuk memenuhi kebutuhan listriknya dengan suplai yang bersih, andal, dan efisien.

Hadirnya Bung Tara Station juga mendukung program Green Environment Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Setiap acara di Lapangan dr. Murdjani kini tidak perlu lagi menggunakan generator, yang selain ramah lingkungan juga dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) melalui sektor kelistrikan.

Sementara itu, mewakili Pemerintah Kota Banjarbaru, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Nurliani Dardie menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada PLN atas penempatan Bung Tara tersebut.

“Kami sangat berterima kasih dan bangga atas kehadiran Bung Tara yang pertama di Indonesia ini di Banjarbaru. Ini akan menjadi sejarah bagi Pemerintah Kota Banjarbaru,” ujar Nurliani.

Baca juga: PLN UID Kalselteng nyalakan 12.199 rumah keluarga prasejahtera lewat BPBL dalam lima tahun

Ia menambahkan bahwa Bung Tara merupakan inisiatif baru dalam penyediaan fasilitas publik yang mendukung acara-acara besar di Banjarbaru, terutama dalam menjaga kualitas lingkungan.

“Selain ramah lingkungan, fasilitas ini juga berpotensi meningkatkan penerimaan PAD melalui pajak barang dan jasa di sektor kelistrikan,” tambahnya," katanya.

Nurliani berbagi pengalaman mengenai kesulitan dalam menyediakan listrik untuk acara besar di lapangan tersebut yang sebelumnya memerlukan penyewaan generator, serta kebutuhan tambahan seperti pasir dan karpet untuk menempatkan mesin.

Dia mengatakan, dengan adanya Bung Tara, semua proses ini menjadi lebih sederhana, lebih murah, dan ramah lingkungan.

“PLN telah mewujudkan impian masyarakat, penyelenggara acara, dan Pemkot Banjarbaru dengan menyediakan Bung Tara ini, yang tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga lebih ekonomis,” kata Nurliani.

Peresmian Bung Tara Station ini menjadi bukti nyata sinergi antara PLN dan Pemerintah Daerah dalam memajukan infrastruktur sekaligus menjaga kelestarian lingkungan.

Dengan dukungan penuh dari berbagai pihak, PLN UID Kalselteng berkomitmen untuk terus berinovasi demi kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat, serta akan membangun lebih banyak Bung Tara Station di lokasi-lokasi strategis lainnya di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Baca juga: PLN UID Kalselteng perkuat sinergi dengan Polda Kalsel

Baca juga: YBM-Srikandi PLN salurkan bantuan MIS Darul Huda di Kapuas

Baca juga: PLN cetak SDM unggul bidang otomotif di Desa Dirung Koram