Silaturahim ke Telawang, Halikinnor didoakan kembali terpilih jadi bupati

id Silaturahim ke Telawang, Halikinnor didoakan kembali terpilih jadi bupati, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, Halikinnor, Halikinnor-Irawati

Silaturahim ke Telawang, Halikinnor didoakan kembali terpilih jadi bupati

Kedatangan silaturahim calon Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor disambut doa bersama oleh warga Dusun Runting Tada Desa Tanah Putih Kecamatan Telawang, Kamis (17/10/2024). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Sambutan antusias ditunjukkan masyarakat Kecamatan Telawang kepada calon Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor yang datang bersilaturahim ke sejumlah tokoh masyarakat setempat, bahkan warga mendoakan agar Halikinnor kembali terpilih menjadi bupati.

"Capaian pembangunan selama Pak Halikinnor memimpin sudah sangat baik. Kemarin kami mengajukan bantuan PJU (penerangan jalan umum) dan bantuan masjid, alhamdulillah sudah terlaksana. Makanya dukungan warga diperkirakan akan meningkat," kata Misran, warga Dusun Runting Tada Desa Tanah Putih, Kamis.

Halikinnor memang sudah sangat familiar bagi sebagian besar masyarakat Kecamatan Telawang. Jauh sebelum terpilih menjadi bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 lalu, Halikinnor pernah menjabat sebagai Camat Kota Besi yang merupakan kecamatan induk sebelum Kecamatan Telawang berdiri.

Saat berbincang dengan warga, Halikinnor dengan lancar bercerita tentang sejarah pembentukan Kecamatan Telawang. Bahkan dia ikut terlibat dalam persiapan pembentukan kecamatan yang menjadi pintu gerbang wilayah barat Kabupaten Kotawaringin Timur tersebut. 

Tidak heran jika kehadiran Halikinnor disambut antusias warga setempat. Silaturahim itu dilakukan Halikinnor usai menjalankan tugas sebagai Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Kotawaringin Timur melantik pengurus DAD dan pengurus Batamad Kecamatan Telawang. 

Saat ini Halikinnor sedang cuti dari jabatannya sebagai bupati Kotawaringin Timur. Dia bersama Wakil Bupati Irawati kembali berpasangan maju dalam pilkada setempat, sehingga keduanya sama-sama harus cuti selama masa kampanye.

Halikinnor berkunjung ke rumah sejumlah tokoh masyarakat di Desa Sebabi dan Dusun Runting Tada Desa Tanah Putih. Selain bersilaturahim melepas rindu dalam suasana keakraban, Halikinnor juga menyerap aspirasi masyarakat. 

Baca juga: DAD dan Batamad diminta optimal bantu masyarakat Kotim

Seperti diketahui, usai masa kampanye nanti Halikinnor dan Irawati atau akrab disebut HARATI akan kembali aktif sebagai bupati dan wakil bupati. Masih ada waktu bagi mereka menampung usulan warga dan memasukkannya ke dalam perencanaan untuk APBD 2025 nanti.

Apalagi jika kembali terpilih pada Pilkada 27 November 2024 nanti, maka Halikinnor akan lebih leluasa memperjuangkan semua aspirasi yang telah disampaikan masyarakat kepadanya untuk melanjutkan pembangunan. 

"Kalau beliau terpilih lagi, kami berharap bantuan untuk pembangunan TK dan SMP supaya SDM (sumber daya manusia) anak-anak kami juga semakin meningkat," kata Misran.

Apresiasi juga disampaikan masyarakat Desa Sebabi. Mereka menyampaikan terima kasih karena banyak perhatian diberikan kepada Desa Sebabi dan kemajuan dicapai selama kepemimpinan Halikinnor dan Irawati. 

Beberapa di antaranya pengaspalan jalan desa, masuknya listrik PLN, pembangunan puskesmas dan lainnya. Warga juga sangat gembira karena Halikinnor berhasil memperjuangkan hak kebun plasma bagi masyarakat sehingga tercatat sudah ada 928 kepala keluarga yang menerima hasilnya dari perusahaan perkebunan kelapa sawit melalui koperasi.

"Jasa baik bapak, kami tidak bisa membalasnya. Mudahan masyarakat bisa mengenang jasa pejabat seperti Bapak yang peduli terhadap Desa Sebabi. Bapak memberikan bukti nyata memperjuangkan nasib masyarakat," kata Yulius, warga setempat.

Menanggapi itu, Halikinnor menyampaikan terima kasih atas dukungan dan apresiasi masyarakat di Kecamatan Telawang. Dia merasa terharu atas besarnya dukungan masyarakat. Dia tidak menyangka warga masih ingat kiprahnya, bahkan saat dulu dia menjadi camat di wilayah itu.

Halikinnor memohon maaf jika saat ini pembangunan belum optimal karena terbatasnya anggaran akibat pandemi COVID-19 dan kewajiban melunasi utang daerah. Namun saat ini keuangan daerah terus membaik sehingga dia yakin pembangunan akan lebih meningkat lagi.

"Aspirasi seperti peningkatan jalan, pembangunan SMP, kegiatan ekonomi dan lainnya sudah saya catat. Ini tentu menjadi prioritas kami untuk diperjuangkan berikutnya," demikian Halikinnor. 

Baca juga: Halikinnor perjuangkan sektor rotan kembali bangkit

Baca juga: Koalisi partai dan relawan bersatu perjuangkan kemenangan Halikinnor-Irawati

Baca juga: Halikinnor berkomitmen tingkatkan bantuan untuk organisasi keagamaan