Pemprov Kalteng dukung penuh Kongres Nasional Pemuda Katolik di Palangka Raya

id kongres Pemuda Katolik, Ketua Pemuda Katolik Kalimantan Tengah, Freddy Simamora, Kalimantan Tengah, Kalteng, Pemuda Katolik, kongres Pemuda Katolik di

Pemprov Kalteng dukung penuh Kongres Nasional Pemuda Katolik di Palangka Raya

Kongres Pemuda Katolik ke-XIX di Palangka Raya didukung penuh Pemprov Kalteng. ANTARA/HO-Panitia Kongres.

Palangka Raya (ANTARA) -
Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah Kalimantan Tengah Freddy Simamora mengaku, terharu dan sungguh berterimakasih atas dukungan penuh pemerintah provinsi terhadap pelaksanaan Kongres Nasional Pemuda Katolik ke-XIX di Kota Palangka Raya dari tanggal 24-27 Oktober 2024.


 


Dukungan penuh pemprov itu membuat Pemuda Katolik Komda Kalteng sebagai tuan rumah sangat terbantu dalam mempersiapkan pelaksanaan kongres Nasional ini, kata Freddy di Palangka Raya, Selasa.


 


"Tanpa dukungan itu, tentunya kami harus bekerja sangat keras dalam melaksanakan kongres nasional Pemuda Katolik ini. Itulah kenapa saya sangat terharu atas dukungan penuh dari Pemprov Kalteng," tambahnya.


 


Dia bersama Bama Adiyanto selaku Ketua Panitia Kongres Nasional Pemuda Katolik pun berkomitmen, akan memberikan yang terbaik dan berkesan kepada para Pemuda Katolik dari seluruh Indonesia selama berada di Kalteng. Bahkan pihaknya akan mempromosikan berbagai tempat dan UMKM yang menjadi ciri khas daerah ini.


 


Freddy mengatakan bahwa hal itu dilakukan sebagai bentuk terimakasih kasih terhadap dukungan dan bantuan dari pemerintah provinsi, sekaligus kontribusi dalam memperkenalkan daerah ini kepada para pemuda dari seluruh Indonesia.


 


"Dalam kongres itu kami juga menampilkan keindahan tari-tarian suku Dayak kepada para peserta yang jumlahnya diperkirakan mencapai 600 orang ini. Intinya kami akan memberikan yang terbaik selaku tuan rumah," ucapnya.


 


Dikatakan, kongres nasional Pemuda Katolik ini juga menjadi momentum yang sangat baik dalam meningkatkan pemahaman terkait falsafah Huma Betang, yang telah dianut masyarakat provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila ini sejak dahulu hingga saat ini.


 


"Falsafah huma betang ini memiliki keterkaitan dengan nilai-nilai keadaban kewarganegaraan, seperti halnya nilai gotong royong, kebersamaan, toleransi, rukun dan hidup berdampingan," demikian Freddy.


 


Kongres Nasional Pemuda Katolik ke-XIX yang digelar dari tanggal 24-27 Oktober di Best Western Batang Garing Palangka Raya ini, rencananya akan dibuka langsung oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.