Paparkan kesiapan, Kongres Pemuda Katolik se-Indonesia dilaksanakan Oktober 2024

id Kongres Pemuda Katolik, Pemuda Katolik, Pemuda Katolik Kalimantan Tengah, Pemuda Katolik Kalteng, Kalimantan Tengah, Kalteng, Freddy Simamora

Paparkan kesiapan, Kongres Pemuda Katolik se-Indonesia dilaksanakan Oktober 2024

Ketua Pemuda Katolik Kalteng Freddy Simamora memaparkan berbagai fasilitas dan kesiapan Kalteng menjadi tuan rumah Kongres Pemuda Katolik se-Indonesia tahun 2024 di Riau, Sabtu (20/5/2023). ANTARA/HO.

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisariat Daerah (Komda) Pemuda Katolik Kalimantan Tengah Freddy Simamora memastikan bahwa provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai/Bumi Pancasila ini, memiliki berbagai fasilitas yang mumpuni untuk jadi  tuan rumah Kongres Pemuda Katolik se-Indonesia di tahun 2024.

"Kepastian itu sudah kami sampaikan di hadapan seluruh pengurus se-Indonesia dalam rapat pimpinan nasional (rapimnas) I Pemuda Katolik yang dilaksanakan DPP dari tanggal 19-21 Mei 2023 di Pekan Baru," kata Freddy di Kota Riau, Minggu.

Dari hasil paparan yang disampaikan tersebut, lanjut dia, seluruh pengurus Pemuda Katolik se-Indonesia pun kembali memperkuat dandan memasukkan dalam ketetapan Rapimnas I, bahwa Kota Palangka Raya, Ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah sebagai tuan rumah Kongres.

"Untuk tanggal pelaksanaan Kongres Pemuda Katolik se-Indonesia, masih dirumuskan lebih detail ditingkatkan DPP dan Komda Kalteng. Tetapi direncanakan awal Oktober 2024. Dan, kami di tingkat Komda hingga DPC Pemuda Katolik se-Kalteng siap melaksanakannya," kata mantan Presiden BEM Universitas Palangka periode 2006-2007 ini.

Dalam paparannya, Freddy Simamora menyampaikan bahwa di Kalteng tersedia hotel dari bintang 1 sampai bintang 5, ruang pertemuan yang mampu menampung 3.000 sampai 5.000 orang, banyak tempat wisata, suasana kota damai, tertata rapi dan sejuk.

"Jadi, kami pastikan teman-teman pengurus dan anggota Pemuda Katolik se-Indonesia akan merasa nyaman dan gembira datang ke Kalteng," kata Freddy.

Baca juga: Gubernur ajak pemuda terlibat bantu pemda ciptakan suasana kondusif di Kalteng

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Katolik Stefanus Asat Gusma pun mengapresiasi kesiapan Komda Kalteng sebagai tuan rumah kongres tahun 2024. Apalagi, sejumlah tokoh di Kalteng telah memberikan dukungan terhadap pelaksanaan Kongres Pemuda Katolik di provinsi terluas di Indonesia ini.

Dia pun mengatakan bahwa dalam kongres tahun 2024 itu, ratusan hingga seribuan pengurus dan anggota Pemuda Katolik se-Indonesia akan datang ke Kalteng. Hal itu tentunya menjadi hal positif juga bagi Kalteng, terkhusus mempromosikan daerah yang kaya akan sumber daya alam (SDA) serta objek wisata alam ini.

"Dalam kongres Pemuda Katolik juga akan dihadiri pejabat negara, baik itu kementerian maupun lembaga negara. Bahkan, kami dari PP Pemuda Katolik akan mengupayakan Kongres dibuka langsung oleh Presiden Indonesia," demikian Gusma.

Baca juga: Kepercayaan meningkat, Polri tetap dituntut cepat menuntaskan kasus

Baca juga: PK Kalteng sayangkan Kapolda tak hadir di webinar Polri menjaga Rakyat